SKD CPNS Selain di Titik Lokasi BKN Digelar Mulai 14 September 2021

Ilustrasi: Peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Kota Surabaya bersiap sebelum mengerjakan soal di Gelanggang Remaja, Surabaya, Senin (10/2/2020).
KOMPAS/Bahana Patria GuptaIlustrasi: Peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Kota Surabaya bersiap sebelum mengerjakan soal di Gelanggang Remaja, Surabaya, Senin (10/2/2020). Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 di luar titik lokasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan dilaksanakan mulai 14 September 2021.

Hal titu disampaikan oleh Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian, Suharmen pada konferensi pers BKN tentang persiapan pelaksanaan SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru Tahun 2021 melalui kanal YouTube BKN, Rabu (25/8/2021).

“Titik lokasi mandiri yang diselenggarakan oleh instansi direncanakan akan dimulai 14 september 2021,” ujar Suharmen.

Ia menyebutkan, pelaksanaan tersebut bisa lebih cepat dari tanggal 14 September ataupun lebih lambat dari tanggal itu.

“Bisa lebih cepat bila instansi sudah lebih siap,” ujar dia.

Meski demikian, lanjut Suharmen, berdasarkan rapat terakhir dengan seluruh instansi, sebagian besar instansi menyanggupi pelaksanaan SKD CPNS dilakukan mulai 14 September 2021.

Ia mengatakan, untuk instansi yang titik lokasi pelaksanaan SKD di luar BKN yang ingin menyelenggarakan tes sebelum 14 September 2021, harus melakukan audit terkait teknologi informasinya.

Hal ini dilakukan agar pelaksanaan SKD dapat digelar secara transparan dan bertanggung jawab.

Dalam kesempatan itu, Suharmen juga mengatakan, penyelenggaran SKD di tilok BKN dilakukan lebih dulu karena ketersediaan infrastruktur serta jaringan teknologi dan komunikasi di titik lokasi BKN sudah siap.

“Kita tahu pelaksanaan online sehingga ketersediaan jaringan teknologi komunikasi sangat penting,” ujar Suharmen.

Diberitakan sebelumnya, pelaksanaan SKD akan dimulai pada 2 September 2021 untuk instansi pusat dan instansi daerah yang lokasi pelaksanaan tes di lokasi BKN Pusat, Kantor Regional dan UPT BKN.

Kartu ujian

Saat ditanya kapan kartu ujian bisa di-download, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama BKN Satya Pratama mengatakan, bagi peserta SKD yang pelaksanaan tes berlokasi di titik lokasi BKN, kartu ujian CPNS akan segera bisa di-download.

“Untuk titik lokasi BKN segera (bisa didownload),” ujar Satya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (26/8/2021).

Ia juga mengimbau agar peserta selalu memantau pengumuman lewat website dan kanal resmi di BKN seta portal SSCASN.

KOMPAS/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Syarat Peserta Tes SKD CPNS 2021