Seleksi PPPK Guru, Kemendikbudristek: Hanya 6 yang Tak Lolos Administrasi

Seleksi PPPK Guru, Kemendikbudristek: Hanya 6 yang Tak Lolos Administrasi
Foto: Screenshoot/Seleksi PPPK Guru, Kemendikbudristek: Hanya 6 Orang yang Tak Lolos AdministrasiSeleksi PPPK Guru, Kemendikbudristek: Hanya 6 yang Tak Lolos Administrasi
Rekrutmen PPPK Guru 2021 saat ini sudah melewati tahap masa sanggah. Kemendikbudristek menyampaikan, dari sekitar 900 ribu pendaftar, hanya ada 6 pendaftar yang tidak lolos seleksi administrasi setelah melewati masa sanggah.

Kabar tersebut disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Nunuk Suryani, dalam Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB) Episode 3 yang bertema Rekrutmen Guru ASN PPPK, Kamis (19/8/2021).

"Sampai tahap ini sudah sampai pada pengumuman administrasi, sudah melewati masa sanggah. Dan hanya sedikit sekali yang tidak lolos seleksi administrasi. Dari 900 ribu yang mendaftar hanya 6 yang tidak lulus," papar Nunuk.

"Yang mendaftar itu 900 ribu lebih, setelah melalui masa sanggah dan sebagainya, yang tidak memenuhi syarat itu hanya beberapa gelintir saja," tambahnya.

Rekrutmen CPNS PPPK Guru 2021 juga menjadi rekrutmen terbesar dalam sejarah. Pada tahun ini, kuota yang disediakan mencapai 1.002.616 formasi di seluruh Indonesia. Tercatat, pendaftar PPPK Guru 2021 yang melakukan submit pendaftaran sebanyak 921.405 pelamar.

Dalam rangka mendukung kompetensi guru honorer, Kemendikbudristek juga menyediakan ruang Guru Belajar & Berbagi. Di mana ruang tersebut merupakan gerakan untuk mengikuti program pembelajaran secara daring. Platform Guru Belajar & Berbagi juga menjadi fasilitas belajar bagi calon guru PPPK.

"Harapannya Bapak, Ibu guru secara mandiri belajar dan mengikuti modul pembelajaran," terang Nunuk.

Dilansir laman Guru Belajar & Berbagi, program ini merupakan gerakan kolaborasi pemerintah, guru, komunitas, dan penggerak pendidikan untuk bergotong royong berbagi ide dan praktik baik melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), artikel, video pembelajaran, dan aksi webinar.

Dalam pemaparannya, Nunuk turut menghimbau kepada para guru honorer untuk terus bersabar mengikuti alur rekrutmen PPPK Guru 2021. Untuk mengetahui perkembangan lebih lanjut tentang tahapan pelaksanaan seleksi, peserta dapat mengecek pada laman resmi yang ada.

"Jangan percaya hoaks, yang Bapak Ibu lakukan adalah mengecek melalui laman resmi. Di gurupppk.kemdikbud.go.id atau di sscasn.bkn.go.id. Di situlah semua informasi yang resmi bapak ibu bisa didapatkan," tutup Nunuk.

(kri/pay) detik