Peserta Ujian CPNS 2021 Wajib Bawa Kartu Deklarasi Sehat

Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Surabaya menggelar Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Tahun Anggaran 2019. Puluhan peserta yang reaktif mengikuti ujian di bilik khusus.
Ilustrasi/Foto: Deny Prastyo Utomo

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 mewajibkan peserta menunjukkan Kartu Deklarasi Sehat. Itu merupakan persyaratan baru karena dilakukan di tengah pandemi COVID-19.

"Wajib diisi dan dibawa (dicetak). Diharapkan sebelum hadir di lokasi ujian sudah membawa. Pelamar dapat mengisi (paling lambat) H-1 sebelum ujian dilaksanakan," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Satya Pratama , Jumat (20/8/2021).

Kartu Deklarasi Sehat adalah pernyataan kondisi kesehatan peserta SKD CPNS 2021 yang disampaikan dengan kondisi sebenarnya. Sebelum mengikuti seleksi, peserta wajib mengisinya yang terdapat dalam portal https://sscasn.bkn.go.id untuk mengetahui apakah yang bersangkutan terkonfirmasi atau memiliki gejala COVID-19 atau tidak.

"Deklarasi sehat wajib diisi dalam kurun waktu 14 hari sebelum mengikuti ujian seleksi dan paling lambat pada H-1 sebelum ujian ya," tulis BKN melalui akun @bkngoidofficial.

Kewajiban pelamar mengisi formulir deklarasi sehat merupakan keputusan Panitia Seleksi Nasional setelah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Berikut cara mengisi kartu deklarasi sehat untuk SKD CPNS 2021:

- Buka laman https://sscasn.bkn.go.id
- Pilih menu "Login" yang terdapat pada pojok kanan atas halaman
- Kemudian masuk dengan mencantumkan NIK, KTP, dan password yang telah didaftarkan
- Klik "Masuk" pada halaman Resume Pendaftaran dan pilih "Cetak Kartu Peserta Ujian"
- Isi formulir dan klik simpan
- Cetak Kartu Deklarasi Sehat

(aid/eds) detik