Kisi-kisi Materi Tes Karakteristik Pribadi TKP, Ada 6 Poin Penting, Cek juga Minimum Skor Passing Gradenya

Contoh Soal SKD CPNS 2021, TWK, TIU dan TKP
Contoh Soal SKD CPNS 2021, TWK, TIU dan TKP /Instagram./bknofficial

 Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2021 akan segera berlangsung menunggu keputusan pihak terkait.

Sembari menunggu, peserta bisa mulai bersiap untuk menghadapi tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Seleksi CPNS 2021 tahun ini dengan simak kisi-kisi dari poin materinya di sini.

Selain itu, peserta juga bisa ketahui skor minimum atau jumlah passing grade yang ditetapkan di tes TKP untuk kamu penuhi jika ingin lolos tes SKD.

Setelah pengumuman seleksi administrasi dan masa sanggah, peserta akan mulai mengikuti tes SKD. Ujian tes ini hanya akan diikuti oleh peserta yang sebelumnya telah dinyatakan lulus di tahap Administrasi.

Adapun bocoran materi yang akan muncul pada ujian tes SKD di seleksi CPNS 2021 nanti, berkaca dari tes CPNS sebelumnya kamu bisa ketahui beberapa bocorannya.

Seperti diketahui materi ujian SKD terbagi menjadi tiga tes yakni diantaranya ada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Berdasarkan informasi, nilai tertinggi SKD adalah 550, dengan durasi pengerjaannya adalah 100 menit.

Berdasarkan informasi dari pihak terkait kabarnya pada ujian tes SKD CPNS 2021 kali ini, nilai ambang batas atau passing grade untuk materi TKP naik menjadi 166, mengikuti penambangan materi soal TKP yaitu anti radikalisme.

Sedangkan untuk bocoran poin-poinnya dari materi Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yakni sebagai berikut:

1. Pelayanan Publik: mampu menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki.

2. Sosial Budaya: mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk, terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya.

3. Teknologi Informasi dan komunikasi: mampu memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja.

4. Jejaring Kerja: mampu membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.

5. Profesionalisme: mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan jabatan.

6. Anti Radikalisme: menjaring informasi dari individu tentang pengetahuan terhadap anti radikalisme, kecenderungan bersikap, dan bertindak saat menanggapi stimulus dengan beberapa alternatif situasi.

Nah, sembari menunggu masa sanggah usai kamu bisa coba pelajari beberapa bocoran materi tes ujian SKD terutama pada Tes Karakeristik Pribadi (TKP) yang akan dilaksankan nanti. Semoga sukses, ya.***

Editor: Nabilla Erika Putri

Sumber: BKN, Berbagai Sumber