Kata BKN Tentang Jadwal SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK 2021

Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. 
     AFP/JUNI KRISWANTOPeserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. Pelaksanaan seleksi calon ASN 2021 akan memasuki tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk formasi CPNS dan seleksi kompetensi untuk formasi PPPK Guru dan non-guru.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan SKD dan seleksi kompetensi formasi PPPK ini kemungkinan masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi (PPSS) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, jadwal pelaksanaan SKD menunggu izin dan persetujuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“PPSS BKN juga tengah membuat penjadwalan SKD rinci terhadap peserta CASN yang dinyatakan lulus administrasi pascasanggah, termasuk menyangkut titik lokasi (Tilok),” kata Ridwan melalui keterangan tertulis , Jumat (20/8/2021).

Menunggu izin BNPB

Secara terpisah, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menyampaikan rencana jadwal pelaksanaan seleksi CASN 2021 akan diawali dengan SKD CPNS dan akan berjalan secara paralel dengan Seleksi Kompetensi PPPK Guru dan non-Guru.

“Rencana jadwal yang ditetapkan Panselnas tersebut menunggu izin dan persetujuan dari BNPB selaku Satgas Covid-19,” ujar dia.

Adapun rangkaian seleksi CASN 2021, mulai dari SKD dan SKB bagi CPNS serta Seleksi Kompetensi bagi PPPK ditargetkan rampung paling lambat 15 Desember 2021.

Kendati begitu, realisasi tersebut tentu menyesuaikan tren kondisi pandemi terhadap proses bisnis pelaksanaan seleksi di lapangan.

Hal ini juga mempengaruhi jumlah sesi pelaksanaan seleksi CAT di titik lokasi ujian.

Saat ini, BKN merencanakan penerapan 3 sesi per hari dari jumlah normal 5 sesi untuk mengurangi penumpukan. Meski begitu, ini akan dikembalikan ke situasi lapangan.

Standar protokol kesehatan di lokasi ujian

Panitia seleksi diminta untuk memastikan setiap lokasi ujian memenuhi standar protokol kesehatan, termasuk berkonsolidasi dengan Satgas Covid-19 di masing-masing wilayah, mengingat status zonasi kasus berbeda-beda antar-wilayah.

Seleksi SKD CPNS diimbau menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, mulai dari pintu masuk, registrasi, ruang tunggu peserta, sampai dengan mobilitas masuk dan keluar ruangan ujian harus dipastikan sesuai standar.

Selain itu juga dilakukan pengecekan setiap harinya selama pelaksanaan tes untuk memastikan tes tetap berjalan sesuai SOP CAT BKN.

Sebagai informasi, menurut jadwal seleksi CPNS berdasarkan Surat BKN Nomor 6201/B-KS.04.01/SD/K/2021, SKD CPNS direncanakan berlangsung pada 25 Agustus-4 Oktober 2021.

Sementara itu, pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK Non Guru akan dilangsungkan setelah pelaksanaan SKD selesai di masing-masing titik.

Adapun pengumuman hasil SKD dijadwalkan pada 17-18 Oktober 2021.kompas