Jadwal dan Kisi-kisi Materi Soal SKD CPNS 2021

Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. 
  AFP/JUNI KRISWANTOPeserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk menjaring calon aparatur sipil negara (CASN) rencananya akan digelar mulai 2 September 2021.

Informasi tersebut tertuang dalam surat BKN bernomor 7787/B-KS.04.01/SD/E/2021 itu, disebutkan bahwa SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru tahun 2021, baik untuk instansi pusat maupun daerah.

Meski belum diumumkan secara resmi, tetapi surat yang beredar di media sosial tersebut dikonfirmasi BKN.

"Surat ini benar dari BKN," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama BKN Satya Pratama, seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (24/8/2021).

— Nau (@Naufal_Fachri_) August 23, 2021

Sebelum pelaksanaan SKD, para peserta seleksi bisa mulai mempersiapkan diri dengan mempelajari kisi-kisi soal yang akan diujikan.

Materi SKD CPNS 2021 tercantum dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengedaan Pegawai Negeri Sipil.

Materi tersebut meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Berikut kisi-kisinya:

1. Tes wawasan kebangsaan

Soal ujian tes ini akan memcakup penguasaan pengetahuan dan kemampuan pelamar mengemplementasikan beberapa hal, seperti nasionalisme, integritas, bela negara, dan pilar negara.

a. Nasionalisme

Tujuan tes ini agar peserta seleksi mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.

b. Integritas

Peserta mampu menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.

c. Bela negara

Tujuannya untuk mengetahui apakah peserta seleksi mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.

d. Pilar negara

Membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

2. Tes intelegensia umum

Tes bertujuan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan beberapa hal, yakni:

a. Kemampuan verbal

  • Analogi: peserta diharapkan mampu bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain.
  • Silogisme: peserta diharapkan mampu menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan.
  • Analitis: peserta diharapkan mampu menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

b. Kemampuan numerik

  • Berhitung: peserta diharapkan mampu berhitung sederhana.
  • Deret angka: peserta diharapkan mampu melihat pola hubungan angka.
  • Perbandingan kuantitatif: peserta diharapkan mampu untuk menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif.
  • Soal cerita: peserta diharapkan mampu melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan.

c. Kemampuan figural

  • Analogi: peserta diharapkan mampu  bernalar melalui perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain.
  • Ketidaksamaan: peserta diharapkan mampu melihat perbedaan beberapa gambar.
  • Serial: peserta diharapkan mampu melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.

3. Tes karakteristik pribadi

Tes bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan beberapa hal, meliputi:

a. Pelayanan publik

Peserta diharapkan mampu menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki.

b. Jejaring kerja

Peserta diharapkan mampu membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.

c. Sosial budaya

Peserta diharapkan agar mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk, terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya.

d. Teknologi informasi dan komunikasi

Peserta diharapkan mampu memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja.

e. Profesionalisme

Peserta diharapkan mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan Jabatan

f. Anti radikalisme

Peserta diharapkan bisa menjaring informasi dari individu tentang pengetahuan terhadap anti radikalisme, kecenderungan bersikap, dan bertindak saat menanggapi stimulus dengan beberapa alternatif situasi.

(Sumber: KOMPAS/Jawahir Gustav Rizal, Mela Arnani | Editor: Rendika Ferri Kurniawan)