Cara Isi & Cetak Kartu Deklarasi Sehat, Diwajibkan untuk Ujian CPNS 2021

Sebanyak 872 pelamar CPNS tidak lolos seleksi pemberkasan. Ini karena dokumen yang mereka kirim tidak sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.
Foto: Erliana Riady/detik

Kartu Deklarasi Sehat menjadi salah satu syarat peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021. Selain kartu tersebut, peserta juga harus membawa kartu ujian CPNS 2021 demi mengikuti seleksi.

Kartu ujian CPNS 2021 dapat diunduh pada halaman Resume Pendaftaran di situs sscasn.bkn.go.id. Dalam situs tersebut, akan muncul pilihan Cetak Kartu.

Sedangkan Kartu Deklarasi Sehat adalah pernyataan kondisi kesehatan peserta SKD CPNS 2021 yang disampaikan berdasarkan kondisi sebenarnya.

Sebagaimana kartu ujian CPNS, Kartu Deklarasi Sehat juga bisa didapatkan melalui portal sscasn.bkn.go.id. Kartu ini gunanya untuk mengetahui apakah peserta terkonfirmasi atau memiliki/tidak memiliki gejala COVID-19.

Cara mengisi Kartu Deklarasi Sehat

1. Buka situs sscasn.bkn.go.id

2. Klik menu 'Login' yang ada di pojok kanan atas

3. Masukkan nomor induk kependudukan (NIK), KTP, dan password

4. Klik 'Masuk' pada halaman Resume Pendaftaran dan pilih 'Cetak Kartu Peserta Ujian'

5. Isi formulir dan klik simpan

6. Cetak Kartu Deklarasi Sehat

Sebagai pengingat, peserta yang tidak dapat menunjukkan kedua kartu di atas pada panitia seleksi instansi, akan dianggap tidak dapat mengikuti seleksi dan dinilai gugur.

Kartu Deklarasi Sehat merupakan syarat yang baru, terkait kondisi pandemi COVID-19. Syarat ini merupakan keputusan Panitia Seleksi Nasional setelah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Kartu tersebut dapat diisi paling lambat H-1 sebelum ujian. 20/08/2021), Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Satya Pratama mengatakan, "Wajib diisi dan dibawa (dicetak). Diharapkan sebelum hadir di lokasi ujian sudah membawa. Pelamar dapat mengisi (paling lambat) H-1 sebelum ujian dilaksanakan."

Dalam akun Badan Kepegawaian Negara juga tertulis, "Deklarasi sehat wajib diisi dalam kurun waktu 14 hari sebelum mengikuti ujian seleksi dan paling lambat pada H-1 sebelum ujian ya."

Syarat ini merupakan keputusan Panitia Seleksi Nasional setelah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Nah, begitulah cara mendapatkan dan mencetak Kartu Deklarasi Sehat di sscasn.bkn.go.id. Semoga berhasil

(nah/nwy)detik