Aturan Prokes Tes SKD CPNS 2021 dan Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru!

 

Peserta bersiap mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS dilakukan di 269 titik lokasi tes di 34 provinsi di Indonesia. (Immanuel Antonius)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan menyelenggarakan tes Seleksi Kompentensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dan Seleksi Kompetensi PPPK non-Guru mulai 2 September 2021. bagi pendaftar CPNS dan PPPK diharapkan mengikuti aturan protokol kesehatan (prokes) yang telah ditentukan.  

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja sama BKN Satya Pratama menjelaskan, BKN telah mendapat izin untuk menyelenggarakan tes SKD CPNS 2021 dan Seleksi Kompetensi PPPK non-Guru. Namun ada beberapa aturan yang harus dipatuhi. 

Aturan tersebut adalah peserta tes wajib melakukan swab test RT PCR kurun waktu maksimal 2x24 jam atau rapid test antigen kurun waktu maksimal 1x24 jam dengan hasil negatif atau non reaktif yang pelaksanaannya wajib sebelum mengikuti seleksi CASN Tahun 2021.

Kedua peserta seleksi CPNS 2021 dan PPPK non-guru juga wajib menggunakan masker 3 lapis dan ditambah masker kain di bagian luar (double masker). Peserta juga wajib jaga jarak (physical distancing) minimal satu meter dan cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Bagi penyelenggara tes, ruas kegiatan maksimal diisi tiga puluh persen dari kapasitas normal ruangan tempat pelaksanaan seleksi CASN Tahun 2021 yang akan dilakukan.

"Khusus bagi peserta seleksi CASN Tahun 2021 di Jawa, Madura, dan Bali wajib sudah divaksin dosis pertama," jelas dia dalam keterangan tertulis, Selasa (24/8/2021).

Selain itu, peserta seleksi CASN juga wajib mengisi formulir Deklarasi Sehat yang terdapat di portal sscasn.bkn.go.id dalam kurun waktu 14 hari sebelum mengikuti ujian seleksi dan paling lambat pada H-1 sebelum ujian.

Formulir yang telah diisi wajib dibawa pada saat pelaksanaan seleksi dan ditunjukkan kepada petugas sebelum dilakukan pemberian PIN registrasi.liputan6