Surat Akreditasi Kampus untuk CPNS 2021, Cek di Tautan www.banpt.or.id

 CPNS 2021

Cara memperoleh surat akreditasi kampus untuk seleksi CPNS 2021 Foto: CPNS 2021 (Fuad Hasim/tim infografis detik)
Cara memperoleh surat akreditasi kampus untuk seleksi CPNS 2021 Foto: CPNS 2021 (Fuad Hasim/tim infografis detikcom)
 Pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2021 dibuka hingga 21 Juli 2021 bersama PPPK Guru dan PPPK Non Guru. Pelamar CASN 2021 harus melengkapi dokumen seperti surat pernyataan, surat lamaran, dan surat akreditasi universitas dan atau prodi dari BAN-PT.

Keterangan surat akreditasi perguruan tinggi bisa dilihat di laman BAN-PT https://www.banpt.or.id.


ara mengecek akreditasi kampus dan prodi di laman BAN-PT untuk CPNS 2021 sebagai berikut:Badan Akeditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT menyediakan data akreditasi detik.com/tag/akreditasi secara online terkait akreditasi institusi pendidikan terkini, akreditasi prodi terkini, dan history data akreditasi. Laman BAN-PT juga menampilkan usulan prodi baru dan data distribusi peringkat akreditasi perguruan tinggi.

1. Akses situsweb BAN-PT https://banpt.or.id/

2. Pilih menu Data Akreditasi, lalu pilih Institusi (terkini), atau pilih Program Studi (terkini).

3. Ketik nama kampus yang mau kamu cek status akreditasinya. Jika mengecek akreditasi prodi, ketik juga nama prodi.

Perlu diingat, surat akreditasi perguruan tinggi yang bisa kamu gunakan adalah surat akreditasi kampus yang berlaku di tahun kelulusanmu. Berikut cara mengecek akreditasi kampus dan akreditasi prodi sesuai tahun kelulusan:

1. Akses situsweb BAN-PT https://banpt.or.id/

2. Pilih menu Data Akreditasi, lalu pilih Pencarian Data Akreditasi (histori)

3. Ketik nama kampus dan prodi. Lihat data surat akreditasi kampus dan prodi yang berlaku di tahun kelulusan kamu.

Cara mendapatkan surat akreditas kampus dan prodi dari BAN-PT

Setelah mengecek akreditasi kampus dan akreditas prodi dari BAN-PT, pelamar CPNS 2021 bisa mencari tautan atau mengajukan permintaan surat akreditasi kampus sesuai tahun kelulusan di laman kampus atau langsung ke pihak kampus sebagai berikut:

1. Google "akreditasi [nama perguruan tinggi]" lalu klik situsweb kampus yang menyediakan link download surat akreditasi kampus sesuai tahun kelulusan kamu. Sejumlah perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia menyediakan salinan atau dokumen hasil scan surat akreditasi perguruan tinggi dan prodi yang dapat diunduh di situsweb resmi kampus.

2. Jika kampusmu tidak menyediakan dokumen surat akreditasi kampus dari BAN-PT di situs resmi kampus, kontak Biro Administrasi Akademik kampus. Perguruan tinggi biasanya sudah menyiapkan salinan atau fotocopy surat akreditasi kampus yang sudah dilegalisir untuk keperluan alumni dalam pendaftaran CPNS dan lain-lain.

3. Di samping Biro Akademik Pusat, kamu juga bisa mengontak pihak prodi atau jurusan di kampus masing-masing untuk meminta salinan surat akreditasi kampus dari BAN-PT. Selama pandemi, pihak kampus biasanya sudah menyediakan link donwload agar pelamar CPNS dari kampusnya bisa mendapat surat akreditasi kampus.

Itu dia cara mendapatkan Surat Akreditasi Kampus untuk CPNS 2021. Semangat mendaftar CPNS, ya!

(pal/pal)Detik