Soal untuk Tes Psikotes Lengkap: Kemampuan Verbal sampai Tes Penalaran

Satpas Daan Mogot menggelar simulasi tes psikologi pembuatan dan perpanjangan SIM. Rencananya uji psikologi itu akan mulai diterapkan pada 25 Juni mendatang.
Contoh soal tes psikotes Foto Ilustrasi : Rifkianto Nugroho

Tes psikotes adalah sebuah jenis tes untuk mengetahui psikologi atau karakter psikologi, kepribadian, potensi diri, atau unsur-unsur kecerdasan seseorang. Ragam tes ini digunakan untuk beragam keperluan mulai dari tes psikotes SMA, tes psikotes seleksi masuk perguruan tinggi, tes psikotes cpns, tes psikotes karyawan, dan lain-lain, seperti dikutip dari Panduan Resmi Tes Psikotes Terlengkap oleh Tim Bintang Psikologi.

Tes psikotes CPNS terdapat di dalam alur seleksi Calon Pegawai Sipil Negara (CPNS). Tes awal CPNS adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang terdiri dari Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Tes selanjutnya adalah Seleksi Kompetensi Bidang yang terdiri atas psikotes, tes materi bidang, dan wawancara.

Tes psikotes memiliki beberapa ragam, seperti tes kemampuan verbal, tes kemampuan penalaran tes kemampuan numerik, tes kemampuan spasial atau gambar, tes kepribadian, dan tes tertulis.

Soal Psikotes

A. Soal Psikotes Tes Verbal

Tes Kemampuan Verbal terdiri atas tes sinonim, antonim, analogi kata, acak kata, pengelompokan kata, dan lain-lain. tes ini berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang pemahaman mengenai bahasa

I. Tes Sinonim

Tes sinonim mengukur tingkat kewaspadaan dan kecermatan peserta tes psikotes terhadap indikasi yang sama dan mirip, wawasan, dan pengetahuan tentang kata-kata yang artinya hampir sama. Tugas peserta tes adalah mencari kata yang sama atau mirip dengan kata yang tersedia.

Contoh soal tes sinonim:

1. Wawasan = ...
A. Kepintaran
B. Kecerdasan
C. Pandangan
D. Daya pikir
E. Penalaran

Jawaban: C
Pembahasan: Wawasan berarti hasil mewawas, tinjauan, pandangan

2. Sumir = ...
A. Singkat
B. Lama
C. Tebal
D. Kaku
E. Elastis

Jawaban: A
Pembahasan: Sumir bermakna pendek, singkat, ringkas. Jadi, sinonim dari sumir adalah singkat.


3. Jumantara = ...
A. Bumi
B. Samudra
C. Angkasa
D. Tanah
E. Dataran

Jawaban: C
Pembahasan: Jumantara berarti awang-awang, langit, udara. Kata jumantara bersinonim dengan kata angkasa, yang mempunya awang-awang, langit.

4. Virulen = ...
A. Jahat
B. Akomodatif
C. Virus
D. Manunggal
E. Maskulin

Jawaban: A
Pembahasan: Virulen artinya jahat, menghasut.

5. Insinuasi = ...
A. Terang-terangan
B. Perundingan
C. Sindiran
D. Pertikaian
E. Instansi

Jawaban: C
Pembahasan: Insinuasi artinya tuduhan tersembunyi, tidak terang-terangan, atau tidak langsung, sindiran. Jadi, sinonim dari insinuasi adalah sindiran.

II. Tes Antonim

Tes antonim adalah tes psikotes berisi soal tentang lawan kata atau antonim yang merupakan kebalikan dari tes sinonim.

1. GEGAI
A. Petir
B. Sahih
C. Lemah
D. Kuat
E. Berhasil

Jawaban: D
Pembahasan: Gegai artinya mudah lepas, tidak kuat, atau tidak kukuh. Antonim dari gegai adalah kuat.

2. LANCUNG
A. Petir
B. Asli
C. Amatiran
D. Imitasi
E. Palsu

Jawaban: B
Pembahasan: Lancung artinya tidak tulen, palsu, tiruan. Antonim dari lancung adalah asli.

3. REMISI
A. Perbaikan
B. Pembetulan
C. Penjelasan
D. Penetapan
E. Penambahan

Jawaban: E
Pembahasan: Remisi artinya pengurangan kuhuman yang diberikan pada orang yang terhukum. Jadi antonim remisi adalah penambahan

4. EKLETIK
A. Eksentrik
B. Tidak pilih-pilih
C. Eksklusif
D. Tidak peduli
E. Inklusif

Jawaban: B
Pembahasan: Ekletik artinya memilih yang terbaik dari berbagai sumber. Jadi antonim dari ekletik adalah tidak pilih-pilih.


5. NADIR
A. Kadir
B. Takdir
C. Nasib
D. Zenit
E. Sanggurdi

Jawaban: D
Pembahasan: Nadir adalah titik paling rendah dari bulatan cakrawala atau bola langit. Sedangkat zenit adalah titik puncak. Jadi, antonim dari nadir adalah zenit.


B. Tes Kemampuan Penalaran

Tes Kemampuan Penalaran terdiri atas penalaran logis dan analitis. Tes ini berfungsi untuk mengetahui seberapa efektif penalaran dan pemecahan masalah yang dimiliki seseorang dengan kriteria logis dan masuk akal.

Contoh soal penalaran logis:

Penulis lagu adalah orang yang kreatif. Beberapa penulis lagu supel, kecuali yang telah terkenal. Simpulan yang tepat adalah...
A. Penulis lagu sebagian kreatif
B. Ada penulis lagu yang tidak kreatif tetapi supel
C. Sebagian penulis lagu yang supel tidak kreatif
D. Penulis lagu yang terkenal adalah orang yang kreatif
E. Penulis lagu yang supel dan terkenal tidak kreatif

Jawaban: D
Pembahasan: Beberapa penulis lagu supel, kecuali yang telah terkenal. Artinya, penulis lagu yang terkenal adalah orang yang kreatif.


C. Tes Kemampuan Numerik

Tes Kemampuan Numerik terdiri atas tes aritmetika sosial, matematika aljabar, barisan dan deret, dan lain-lain. Tes ini berfungsin untuk mengukur kemampuan seseorang menghitung atau logis-matematis.

Contoh soal tes aritmetika sosial:
1. Pak Lurah mendapat sumbangan 6 karung pupuk urea tiap karung beratnya 40 kg. Pupuk dibagikan kepada 12 orang petani. Tiap petani memperoleh pupuk sebanyak...
A. 40 kg
B. 36 kg
C. 24 kg
D. 20 kg
E. 60 kg

Jawaban: D
Pembahasan:
Jumlah pupuk total: 6 karung x 40 kg/karung = 240 kg
240 kg : 12 orang = 20 kg/orang


D. Tes Kemampuan Spasial/Gambar

Tes Kemampuan Spasial/Gambar terdiri atas tes pola gambar, jaring-jaring gambar, analogi gambar, dan lain-lain. Tes ini berfungsi mengukur sejauh mana kemampuan daya logika ruang yang dimiliki seseorang.

E. Tes Kepribadian atau Tes Personality

Tes Kepribadian atau Tes Personality terdiri atas Draw a Person, tes Baum, HTP, dan lain-lain. Tes ini berfungsi untuk mengenal aspek-aspek kepribadian seseorang, seperti stabilitas emosi, kemandirian, daya juang, motivasi, kepercayaan diri, kemampuan sosialisasi, ketelitian, kecepatan kerja, dan lain-lain.

Pada Tes Menggambar Orang atau Tes Draw a Person, gambar sebuah profil orang utuh dari ujung kepala sampai ujung kaki. Tampilkan mata, hidung, telinga, mulut, dan muka dengan detail. Tampilkan juga karakteristiknya dengan detail, seperti jenis kelamin, usia, dan profesinya. Tampakkan gambar tangan sebagai representasi sosok kamu sebagai pribadi terbuka pada hal baru dan supel bergaul.

Gambar dengan sederhana tetapi detail, seperti dikutip dari Taktik Jitu Lolos Psikotes Gambar oleh Sugi Siswiyanti. Gambarkan profil sedang beraktivitas, sebaiknya sesuaikan dengan jenis kelamin kamu sebagai peserta tes psikotes. gunakan pensil HB dan usahakan guratan cukup sekali saja. Gambar dengan waktu yang efektif.

F. Tes Tertulis

Tes Tertulis atau Paper and Pencil Test yakni seperti tes Pauli dan Kraepelin, Papikostik, MBTI, DISC, EPPS, SSCT, tes doodle, dan lain-lain. Tes psikotes tertulis ini berfungsi untuk mengetahui faktor kecepatan, ketelitian, keajekan, dan ketahanan seseorang.

Contoh tes DISC (Dominance, Influence, Steadiness, and Compliance) bisa dilihat di https://www.tonyrobbins.com/disc/.

Gimana detikers, sudah siap latihan tes psikotes?

(pal/pal) Detik