Seribu Lebih Pelamar CPNS Pemerintah Aceh Sudah Isi Formulir, 365 Orang Submit

sebanyak 1.199 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi Pemerintah Aceh, sudah mengisi formulir

Info CPNS Aceh - Seribu Lebih Pelamar CPNS Pemerintah Aceh Sudah Isi Formulir, 365 Orang Submit
Kepala Badan Kepegawaian Aceh (BKA), 

Abdul Qahar mengatakan, sebanyak 1.199 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi Pemerintah Aceh, sudah mengisi formulir  Kepala Badan Kepegawaian Aceh (BKA), Abdul Qahar mengatakan, sebanyak 1.199 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi Pemerintah Aceh, sudah mengisi formulir.

Jumlah tersebut berdasarkan Dashboard SSCASN 2021 Pemerintah Aceh.

Jumlah tersebut terhitung untuk semua pelamar, PPPK guru, PPPK non-guru, dan CPNS.

Selain 1.199 orang yang telah mengisi formulir, sebanyak 365 orang juga sudah submit.

"Ini di dashboard kami sudah banyak yang isi formulir, yang submit juga sudah tiga ratusan," katanya.

Terkait ada beberapa kabupaten/kota yang belum ada pendaftar, menurut Abdul Qohar, biasanya para pelamar mendaftar ramai-ramai jelang penutupan.

"Biasanya tiga hari terakhir itu baru ramai," kata dia.

Abdul Qahar mengingatkan para pelamar, bahwa masa pendaftaran secara online, lanjutnya, dibuka mulai tanggal 30 Juni hingga 21 Juli 2021.

Pemerintah Aceh sendiri membuka lowongan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk berbagai formasi.

Pembukaan itu seiring dengan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) nomor 643 tahun 2021 pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Qahar merinci, CPNS terbuka untuk 370 formasi, tenaga kesehatan 272 formasi, tenaga teknis 98 formasi.

Selain itu, untuk formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Guru atau PPPK Guru mencapai 5.249 orang.

Namun berdasarkan Surat Menpan-RB Nomor B/856/M.SM.01.00/2021 tanggal 24 Juni 2021, dilakukan penyesuaian jumlah karena masih terdapat formasi PPPK Guru yang unit penempatannya bukan menjadi kewenangan Pemerintah Aceh.

Sehingga formasi PPPK Guru untuk Pemerintah Aceh berubah menjadi 5.218 orang sebagaimana yang telah diumumkan pada tanggal 30 Juni 2021 lalu.

"Dari Keputusan Menpan-RB dan Pengumuman Gubernur Aceh tentang Seleksi CASN di lingkungan Pemerintah Aceh tahun anggaran 2021.

Pemerintah Aceh membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Aceh," ujarnya.

Abdul Qahar menyampaikan pendaftaran CPNS 2021 dibuka berdasarkan Surat Kepala BKN Nomor 5587/B-KS.04.01/SD/K/2021 tanggal 28 Juni 2021 serta hasil Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Seleksi ASN Tahun 2021 tanggal 29 Juni 2021 yang dihadiri secara virtual oleh seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi Pusat dan Daerah.

"Kami imbau bagi masyarakat yang hendak mendaftar agar dapat mempersiapkan diri dan memantau terus setiap perkembangan informasi pada alamat website https://sscasn.bkn.go.id dan website resmi Badan Kepegawaian Aceh dengan alamat website https://bka.acehprov.go.id," Kata Qahar. (*)Aceh Tribun