Penjelasan BKN Tentang Soal Swafoto Yang Bikin Bingung Pendaftar CASN


Pendaftar CPNS Bingung Soal Swafoto, Ini Penjelasan BKN
Foto/Ilustrasi
 Euforia pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) terasa juga di dunia maya. Warganet ramai menanyakan terkait swafoto pada pendaftaran CPNS, salah satunya ada yang salah dalam mengunggah foto. Hal ini menjadi kekhawatiran para pendaftar CPNS.

Pertanyaan tersebut diungkapkan pada laman media sosial Instagram @wira_sitepu yang ditujukan pada Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui kolom komentar. “Min, itu foto yang diupload, foto selfie atau pas foto ya? Bingung,” tulis akun @wira_sitepu yang dikutip MNC Portal Indonesia, Selasa (6/7/2021).

Dalam keterangan resmi BKN melalui live Instagram pada akun resmi @bkngoidofficial, PIC SSCASN BKN, Audit mengatakan swafoto pelamar akan ditampilkan di halaman depan sehingga jika pelamar ingin menggunakan foto selfie pada swafoto diperbolehkan.
“Kalo diswafoto itu background warna apapun bebas. Mau selfie pun boleh. Tapi untuk foto di halaman instansi menggunakan foto formal. Karena itu nanti yang akan jadi kartu peserta,” ujarnya dalam diskusi live Instagram pada akun @bkngoidofficial.

Namun, kata Audit, terkait swafoto di awal pendaftaran akun, ada pelamar yang sudah terlanjur menggunakan pas foto dengan latar belakang berwarna merah ataupun biru, hal tersebut tidak menjadi suatu persoalan.

“Perihal swafoto tidak menjadi masalah, yang penting wajah pelamar terlihat jelas karena foto tersebut akan dijadikan backup data untuk face recognition peserta,” tutur dia.

Dia menambahkan, apabila pelamar sudah masuk pada halaman instansi yang dipilih, maka harus mengikuti instruksi dari yang diminta oleh instansi. “Misalnya pada instansi A meminta pas foto formal dengan background merah, nah itu harus diikuti,” katanya.

Melansir Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Tahun 2021, terdapat dua foto yang perlu dipersiapkan pelamar untuk pendaftaran, yakni pas foto dan swafoto/selfie.

Swafoto atau selfie diunggah pelamar saat mendaftarkan akun ke portal SSCASN, sscasn.bkn.go.id. Berdasarkan contoh swafoto yang tertera dalam buku petunjuk tersebut, pelamar tidak perlu berfoto memegang KTP dan Kartu Informasi Akun.

Sementara pas foto atau foto formal diunggah setelah pelamar memilih jenis seleksi, mengisi biodata, dan mendaftar formasi, yakni pada tahap ‘Unggah Dokumen’, beserta dokumen-dokumen lain yang disyaratkan.

Melansir situs sscasn.bkn.go.id, dokumen pas foto yang diunggah saat pendaftaran, berlatar belakang merah dengan ukuran maksimal 200kb bertipe jpeg/jpg.

Jika melebihi ukuran maksimal dan tidak bertipe sesuai persyaratan, maka otomatis sistem akan menolaknya. Perlu diperhatikan, unggahan dokumen tersebut harus sesuai ketentuan baik ukuran hingga jenis file.
(ind)
Advenia Elisabeth