Pelamar CPNS dan PPPK di Kabupaten Aceh Selatan Wajib Kirim Berkas Fisik

Dokumen Persyaratannya

Hal itu disampaikan Pemkab Aceh Selatan dalam surat bernomor: BKPSDM.800/531/2021 tentang Seleksi ASN di Lingkungan Pemkab Aceh Selatan tahun 2021.

Pelamar CPNS dan PPPK di Pemkab Aceh Selatan Wajib Kirim Berkas Fisik, Ini Dokumen Persyaratannya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan telah membuka pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 melalui laman sscasn.bkn.go.id.  
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan mewajibkan bagi pelamar CPNS dan PPPK yang memilih formasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan untuk mengirim berkas fisik.

Hal itu disampaikan Pemkab Aceh Selatan dalam surat bernomor: BKPSDM.800/531/2021 tentang Seleksi Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan Tahun Anggaran 2021.

“Setelah melakukan pendaftaran online pada portal SSCASN, selanjutnya semua jenis pelamar juga menyampaikan/mengirimkan dokumen persyaratan (hard copy) kepada Panitia Seleksi Daerah Kabupaten Aceh Selatan.

Yang beralamat di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Aceh Selatan, Jalan Cut Nyak Dhien No.16 Gampong Pasar Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan Kode Pos 23711 (belakang Kantor Pos Tapaktuan),”  tulis surat pengumuman itu.

Lebih lanjut, bagi pelamar yang telah melakukan pendaftaran online, namun tidak mengantarkan /mengirimkan dokumen persyaratan (hard copy) pada waktu yang telah ditentukan, maka yang bersangkutan dinyatakan mengudurkan diri.

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 telah dibuka sejak 30 Juni 2021 dan akan berakhir pada 21 Juli 2021, dapat dilakukan pada laman sscasn.bkn.go.id.

Pemkab Aceh Selatan mengalokasikan sejumlah 319 formasi, dengan rincian Tenaga Guru sejumlah 190, Tenaga Kesehatan sejumlah 128, dan Tenaga Teknis sejumlah 1.

Adapun Kebutuhan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan Tahun Anggaran 2021 adalah PPPK Jabatan Fungsional Guru sebanyak 190 dan CPNS sebanyak 129.

Berikut Dokumen yang Wajib dikirim Pelamar

Berdasarkan pengumuman Pemkab Aceh Selatan yang dilihat Serambinews.com melalui laman SSCASN, ada sejumlah syarat yang wajib dikirim oleh pelamar.

Pelamar wajib mengirim berkas fisik yang dipersyaratkan sebagai berikut.

1. Asli Surat lamaran yang dibuat dengan tulisan tangan sendiri, tinta hitam, mudah dibaca dan ditandatangani di atas materai Rp. 10.000 ditujukan kepada Bupati Aceh Selatan.

2. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)/ Surat Keterangan Perekaman e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) yang sudah memiliki barcode.

3. Asli Surat Pernyataan bersedia mengabdi dan ditempatkan di seluruh unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan serta tidak mengajukan pindah dengan alasan pribadi paling singkat selama 10 (sepuluh) tahun sejak TMT PNS, ditandatangani di atas materai Rp. 10.000.

4. Fotocopy ijazah Akademik dan Ijazah Profesi . (maks 1000 kb/pdf/digabung menjadi 1 file).

5. Fotocopy Transkrip Nilai Akademik dan Transkip Nilai Profesi. (maks 1000 kb/pdf/digabung menjadi 1 file).

6. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang merah ukuran 3 x4 sebanyak 1 lembar.

7.  Fotocopy Sertifikat/surat Akreditasi Perguruan Tinggi Dalam Negeri dan/atau Program Studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan/atau Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan/Lembaga  Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan pada saat kelulusan. Diperbolehkan menggunakan cetakan tangkapan layar (Screen Capture) Direktori Hasil Akreditasi dari BAN-PT yang memuat status akreditasi  dari portal BAN-PT.

8. Fotocopy Surat Tanda Registrasi (bukan internship) sesuai jabatan yang dilamar (linier) yang masih berlaku pada saat pelamaran, disahkan dengan bukti legalisir oleh instansi/pejabat berwenang dengan stempel basah bukan stempel fotocopy.

9. Fotocopy Sertifikat Psikolog Klinis (Jabatan Psikolog Klinis Ahli Pertama) dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang disahkan dengan bukti legalisir oleh pejabat berwenang.

10. Asli Surat Keterangan Disabilitas dari dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya.

11. Video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktifitas sesuai jabatan yang akan dilamar (disampaikan dalam bentuk CD-RW/DVD-RW).

Keseluruhan bahan kelengkapan administrasi di atas masing-masing 1 (satu) rangkap serta dimasukkan kedalam Stofmap Folio dan diluar map tersebut ditulis Nama, Tempat/Tanggal Lahir, Alamat, Nomor HP, Kualifikasi Pendidikan dan Nama Jabatan Yang Dilamar dengan ketentuan sebagai berikut:

- Untuk Tenaga Kesehatan map warna biru

- Untuk Tenaga Teknis map warna kuning.

PENGUMUMAN LENGKAP CPNS DAN PPPK PEMBKAB ACEH SELATAN 

(Aceh Tribun/Agus Ramadhan)