Kata Kepala BKA Terkait Belum Ramainya Peserta Mendaftar CPNS

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 mulai dibuka sejak Kamis (1/6/2021) pukul 00.00 WIB

Ini Kata Kepala BKA Terkait Belum Ramainya Peserta Mendaftar CPNS

formasi CPNS 2021 - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 mulai dibuka sejak Kamis (1/6/2021) pukul 00.00 WIB. Tapi di Aceh masih minim peserta yang mendaftar  Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 mulai dibuka sejak Kamis (1/6/2021) pukul 00.00 WIB.

Beberapa laporan menyebutkan, jumlah pendaftar sejak dibuka beberapa hari lalu belum signifikan.

Kota Lhokseumawe hingga Minggu (4/7/2021), tidak ada satu pun peserta yang mendaftar

"Belum ada yang mendaftar. Mungkin calon peserta baru melihat-lihat formasi apa yang dibuka di Kota Lhokseumawe," ujar BKPSDM Lhokseumawe, Drs Mohd Nur MPd beberapa hari lalu.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Aceh (BKA), Abdul Qahar, Senin (5/7/2021) mengatakan, belum adanya peserta yang mendaftar bisa jadi karena pendaftaran baru dibuka.

"Dia begini, kebiasaan itu tiga hari mau akhir nanti baru banyak yang mendaftar.

Peserta mungkin masih melihat dulu, peluang yang bagus di daerah mana karena mendaftar secara online, bisa mendaftar di mana aja," kata Abdul Qohar.

Juga menanyakan apakah sistem pendaftaran kali ini rumit atau berbeda dengan tahun sebelumnya?

Menurutnya, sistem pendaftaran masih sama seperti tahun lalu. "Pendaftarannya sama. Sama seperti tahun lalu, nggak ada beda," ujarnya.

Masa pendaftaran secara online, lanjutnya, dibuka mulai tanggal 30 Juni hingga 21 Juli 2021.

Masih sama seperti sebelumnya, calon peserta harus menyiapkan dokumen, kartu keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Kemudian ijazah, transkrip nilai, pas foto terbaru dengan latar belakang merah (foto wajah sampai dengan pundak, harus jelas dan tidak miring/menyamping agar dapat terdeteksi alat pemindai wajah pada saat ujian).

Serta dokumen lainnya sesuai persyaratan.

Abdul Qohar mengimbau bagi masyarakat yang hendak mendaftar agar dapat mempersiapkan diri dan memantau terus setiap perkembangan informasi.

Mislanya pada alamat website https://sscasn.bkn.go.id dan website resmi Badan Kepegawaian Aceh *)Aceh Tribun