Jangan Salah Input Data Saat Pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK

Peserta SKB CPNS 2019. Dok BKN

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengingatkan agar peserta seleksi CPNS 2021 khususnya PPPK untuk menyelesaikan pendaftaran hingga final resume dan jangan sampai salah menginput data-data seperti nomor ijazah, nama lengkap dan lainnya.

Sebab, jika peserta seleksi PPPK salah memasukan data-data tersebut, maka tidak bisa diperbaiki.

“Cek lagi, pasti banyak yang belum final resume, kalau yang sudah final resume itu sudah tidak bisa apa-apa karena sudah final resume. Kita sarankan dicek kembali, gelar dinama, nomor ijazah salah, intinya kehatian-hatian kita karena itu kesalahan pelamar sehingga tidak bisa dilakukan perbaikan,” kata Admin SSCASN dalam sesi live instagram @bkngoidofficial, Senin (12/7/2021).

Jika sudah terlanjur ada yang salah maka verifikasi data akan diberikan kepada instansi yang bersangkutan. Pihak instansi berhak untuk menentukan kesalahan tersebut layak ditoleransi atau tidak untuk masuk ke ujian seleksi.

“Untuk verifikasinya tinggal di instansinya saja apakah itu termasuk di maafkan atau ditolerir sehingga bisa masuk ke ujian seleksi,” ujarnya.

Disamping itu, admin SSCASN juga menghimbau agar calon peserta PPPK benar-benar memilih instansi sesuai dengan sertifikat pendidikannya. Lantaran jika tidak sesuai, kemungkinan kecil bisa lolos masuk ke ujian seleksi.

“Pelamar itu ketika melamar sesuatu harusnya tahu kerjaannya apa, dan pendidikannya sama atau tidak. Jika pendidikannya tidak sama, dan tetap mendaftar ya  tidak apa-apa tapi ada resiko. Nanti instansi berhak menyatakan pendidikan anda tidak sesuai (ditolak),” pungkasnya. Liputan6