Dampak Pelamar CPNS 2021 Salah Pasang Foto Selfie di Akun SSCASN,

Peserta SKB CPNS 2019. Dok BKN

Swafoto atau foto selfie jadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi pendaftar CPNS dari tahun ke tahun. Dokumen swafoto diperlukan untuk mendaftar CPNS 2021 hingga membuat akun di laman SSCASN.

Namun, tak sedikit calon pelamar kerap dipusingkan dengan pemasangan foto di akun SSCASN. Banyak yang takut foto selfie yang diunggahnya tidak sesuai syarat, atau malah memasang pas foto versi KTP di foto akun.

Lantas, apakah itu akan berpengaruh pada calon pendaftar CPNS 2021?

Menjawab pertanyaan ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjelaskan jika foto akun yang diunggah untuk profil SSCASN tidak akan muncul di verifikator instansi tempatnya mendaftar CPNS 2021.

"Kita tegaskan sekali lagi, ini tidak akan pengaruhi penilaian verifikator. Karena yang di akun ini datanya itu di-collect ke BKN. Jadi enggak akan muncul di verifikator instansi," jelas BKN dalam sesi briefing singkat melalui Instastory @bkngoidofficial, Rabu (7/7/2021).

BKN mengatakan, jika ada kesalahan dalam memasang foto akun itu tak jadi masalah. Namun, jangan sampai terjadi kesalahan saat upload swafoto saat mendaftar CPNS 2021.

"Yang penting upload-an di pendaftaran, itu yang jangan sampai salah. Itu kewenangan instansi untuk approve itu, apakah dokumen itu bisa lulus atau tidak lulus," imbuh BKN.

Pasca seluruh dokumen termasuk foto selfie sudah diunggah, proses verifikasi sudah berada di tangan instansi. Seluruh keputusan administrasi CPNS 2021 telah menjadi kewenangan instansi tempatnya mendaftar.

"Kalau misalnya teman-teman mau tanya ke instansi itu boleh, kita sediakan di helpdesk BKN, helpdesk-sscasn.bkn.go.id, itu ada menu namanya pengaduan instansi. Silakan kalau mau curhat di situ, kita sediakan medianya," terang BKN.Liputan6