Cara Adukan ke Dukcapil Jika NIK dan KK untuk Daftar CPNS Tak Sesuai

 Ilustrasi CPNS 2021. 

  KOMPAS/ABBA GABRILLINIlustrasi CPNS 2021. Sejak pendaftaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dibuka, banyak peserta yang tidak paham mengenai syarat yang diminta.

Selain akreditasi dan jurusan pendidikan, aduan paling banyak terkait dengan ketidaksesuaian antara data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) saat pembuatan akun di portal pendaftaran SSCASN Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Direktur Jenderal Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil), Zudan mengungkapkan bahwa selama masa pendaftaran seleksi ASN 2021, Ditjen Dukcapil telah menambah jumlah personel untuk mengatasi aduan masyarakat melalui call center Halo Dukcapil.

"Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa nomor KK sudah sesuai dengan kepala keluarga. KK akan berubah apabila ada perubahan terhadap kepala keluarga. Hal itu yang menjadi sebab biasanya NIK tidak sesuai dengan nomor KK, karena belum diupdate saat terjadi perubahan," sarannya melalui keterangan tertulis, dikutip Selasa (20/7/2021).

Untuk mempercepat proses penanganan masalah tersebut, pelamar diminta melampirkan format #NIK (16 digit) #Nama_Lengkap #Nomor_Kartu_Keluarga (16 digit) #Nomor_telp #Alamat_email#permasalahan. Adapun Layanan Helpdesk Ditjen Dukcapil bisa melalui Hotline 1500537, nomor Whatsapp/WA atau SMS 0811-800-5373, serta surel callcenter.dukcapil@gmail.com.

Pengaduan terkait ketidaksesuaian atau tidak terdatanya NIK ini akan dibantu juga oleh BKN yang akan menyambung ke akun media sosial resmi Dukcapil.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN, Paryono menjelaskan, melalui kanal informasi media sosial dan Helpdesk SSCASN BKN secara berkala mengarahkan peserta untuk mengecek kembali kesesuaian NIK dan KK yang digunakan mendaftar.

Jika menemukan kesulitan atau datanya belum mengalami perubahan para pelamar juga diminta untuk melakukan pembaruan data NIK dan KK ke Dukcapil. Tim SSCASN BKN juga telah melampirkan kontak layanan Dukcapil Pusat di portal pendaftaran untuk membantu peserta yang mengalami pembuatan akun di portal, mulai dari call center, whatsapp, dan email.

"Tidak hanya itu, tim medsos BKN juga kerap membantu melakukan mention atau tag ke akun medsos Dukcapil pada kolom komentar para pelamar yang mengeluhkan kendala NIK dan KK," ujarnya.kompas