Benarkah Jurusan Tak Sesuai Bikin Tak Lolos Administrasi CPNS 2021

 Laman pendaftaran CPNS 2021, www.sscasn.bkn.go.id. sscasn.bkn.go.idLaman pendaftaran CPNS 2021, www.sscasn.bkn.go.id. Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) masih dibuka sampai pekan depan, tepatnya Rabu (21/72021).

Muncul berbagai pertanyaan seputar pendaftaran CPNS. Salah satunya mengenai jurusan dari kualifikasi pendidkan formasi CPNS.

Seperti beberapa pertanyaan di akun Twitter @karirfess:

"Habis daftar cpns jadi galau. Karena jurusan tidak sama persis sama kualifikasi pendidikannya, tp masih satu rumpun sih :( baca2 di intermet katanya kalau gk persis kemungkinan gagal di administrasi Semoga ada jalannnn kr!" tulis kiriman anonim di akun tersebut.

Benarkah pendaftar dengan jurusan yang tidak sesuai kualifikasi pendidikan tidak akan lolos seleksi administrasi CPNS 2021?

Jurusan satu rumpun

Plt Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono mengatakan, pendaftar yang jurusannya berbeda jauh dengan kualifikasi, maka dipastikan tidak lolos seleksi adminitrasi.

"Tetapi intinya jika kualifikasi pendidikan yang ada di formasi berbeda jauh dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki pelamar pasti tidak lolos seleksi administrasi," kata Paryono, saat dihubungi Kompas.com, Senin (12/7/2021).

Sementara, pendaftar yang jurusannya masih satu rumpun, masih memiliki kesempatan untuk lolos.

Yang dimaksud satu rumpun adalah kurikulum dan ilmunya mirip satu sama lain, atau tidak berbeda jauh.

Misalnya, jurusan yang dibutuhkan dalam kualifikasi pendidikan adalah Ilmu Komputer, tetapi pendaftar dari Teknik Komputer.

"Tetapi yang masih satu rumpun masih bisa diakomodir," jelas Paryono.

Hal ini karena lolos tidaknya pendaftar pada seleksi administrasi CPNS 2021 ditentukan oleh instansi yang dituju.

"Ini nanti yang menentukan instansi masing-masing," kata Paryono.

Tahun sebelumnya

Masalah kualifikasi pendidikan itu juga sempat dipertanyakan pada tanya jawab SSCASN sesi kedua secara virtual.

Tim panitia seleksi nasional (Panselnas) BKN Aliyah mengatakan pelamar harus mengikuti sesuai kualifikasi pendidikan yang telah dipersyaratkan oleh instansi yang membuka rekrutmen.

Hal ini berkaca dari pelaksanana tahun sebelumnya.

"Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pendidikan, formasi, dan jabatan, instansi kan mendapat persetujuan dari Kementerian PANRB. Memang kalau untuk pendidikan harus plek (sama sesuai persyaratan yang diminta instansi) begitu ya," kata Aliyah, Kamis (8/7/2021).


KOMPAS/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Panduan Pendaftaran CPNS 2021