Bimbingan Belajar Calon Guru P3K Oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie, Target Bisa Lulus CASN 2021

Diharapkan dengan latihan ini bisa membantu dan melatih sehingga lancar mengikuti ujian tes CPNS nantinya.

Target Bisa Lulus CPNS, Dinas Pendidikan Pidie Bekali Bimbingan Belajar Calon Guru P3K
Kepala Dinas Pendidikan Pidie Drs Ridwandi dan DR Saminan Ismail MPd (Koordinator Tim Pendamping P3K FKIP Unsyiah) saat memantau pelaksanaan bimbingan belajar calon guru P3K di Pidie yang digelar di SDN 1 Kota Sigli, Senin (7/6/2021). 

Diharapkan dengan latihan ini bisa membantu dan melatih sehingga lancar mengikuti ujian tes CPNS nantinya.

Laporan Nur Nihayati | Pidie

 Sedikitnya 150 calon guru P3K atau Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (P3K) mengikuti bimbingan belajar di SDN 1 Kota Sigli selama lima hari dibuka, Senin (7/6/2021).

Tujuan kegiatan ini guna melatih para calon guru menjawab soal-soal ujian sebagai bentuk latihan sehingga mereka bisa lulus dalam tes guru P3K digelar pemerintah pusat pada Bulan Agustus 2021 nanti.

Kepala Dinas Pendidikan Pidie, Drs Ridwandi saat menghadiri kegiatan itu mengatakan, sebetulnya ada tiga lokasi digelar acara ini selain di SDN 1 Kota Sigli juga di SDN Percontohan dan SDN Peukan Pidie.

Diharapkan dengan latihan ini bisa membantu dan melatih sehingga lancar mengikuti ujian tes CPNS nantinya.

Sementara itu, Koordinator Tim Pendampingan P3K FKIP Unsyiah, DR Saminan Ismail MPd mengapresiasikan kepada Dinas Pendidikan Pidie.

"Ya kita apresiasi, ini merupakan pelopor dan pertama di Aceh. Sehingga kepala dinas pendidikan di kota lain bisa termotivasi," ujar DR Saminan yang juga mantan Kadis Pendidikan Kota Banda Aceh.

Dikatakan, pihaknya menerjun beberapa dosen dari FKIP Unsyiah dengan sejumlah modul sebagai latihan belajar ini.

"Bagi guru yang belum bisa membaca ataupun membuka modul diajari dan dibantu oleh para dosen ini," jelas Saminan.

Diberitakan sebelumnya, Bagi Anda ingin ikut calon guru P3K jangan lewatkan kesempatan emas ini.

Saat ini ada kesempatan bagi guru non Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk ikut calon P3K.

Nah, untuk itu Perekrutan calon Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini, diharapkan masyarakat jangan percaya dengan calo.

Terlebih lagi jika ada yang menjanjikan segala macam cara, mengiming-imingkan kelulusan dengan minta uang.

“Yang penting harus diingat. Jangan percaya calo, jangan percayakan oknum-oknum yang mengatasnamakan pejabat di dinas pendidikan, dalam rekrutmen calon guru P3K," tegas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pidie, Drs Ridwandi.

Apalagi, ini era digital. Jadi sejak sekarang belajar, percaya pada kemampuan diri dan berdoa,” tegas Ridwandi mantan Kabid Kesos di Bappeda Pidie

Dia mengungkapkan, tahun ini Disdikbud Pidie mendapat kuota atau formasi penerimaan calon guru P3K berjumlah 685 orang.

Dengan rincian guru Bahasa Indonesia sebanyak 21 orang, guru Bahasa Inggris dua orang, guru Bimbingan Konseling (BK) berjumlah 50 orang.

Kemudian, guru PPKN empat orang, guru pra Karya dan Kewirausahaan 33 orang, guru Seni dan Budaya sembilan orang, guru kelas 420 orang, guru Penjas Sorkes 146 orang.

Sekarang, imbuh Ridwandi sedang berlangsung tahap pendaftaran.

Sedangkan tahap pengumuman seleksi akan dilksanakan pihaknya pada, 30 Mei sampai 13 Juni 2021.

Pendaftaran seleksi dilaksanakan pada 30 Mei hingga 21 Juni 2021, tahap seleksi administrasi dan pengumuman hasilnya akhir juni, sedangkan masa sanggah direncanakan tanggal 1 Juli hingga 11 Juli 2021.

Kadis ini mengatakan seleksi calon guru PPPK, ini dilakukan tiga kali tes .

Test pertama dilaksanakan pada Agustus 2021, tes kedua pada Oktober dan tes ke tiga dilakukan pada November 2021.

“Maka itu untuk sistem ujian ini, seleksi ini kita bekerja sama dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Pidie,” katanya.

Ridwandi, menambahkan perkrutan calon guru PPPK, ini sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap para guru non PNS yang telah bertahun-tahun mengabdikan dirinya.

Karena itu dengan adanya perekrutan PPPK tahun ini agar benar-benar dimanfaatkan oleh calon peserta, khususnya yang memenuhi persyaratan.

Sehingga mereka yang telah mengabdi selama ini nasibnya tidak terkatung-katung.

Maka itu ditegaskan kepada calon peserta supaya tetap mempersiapkan diri karena test dilakukan sistem CAT sistem CAT atau computer assisted test.(*)Aceh Tribun