Pendaftaran Belum Dibuka, Apa Penerimaan CPNS 2021 Batal?

cover topik/ test CPNS_dalam 
Foto: cover topik/ test CPNS

Pemerintah menunda pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Awalnya pembukaan pendaftaran dijadwalkan pada 31 Mei 2021.

Penundaan pembukaan pendaftaran ini tertuang dalam Surat Edaran Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tentang pengadaan CPNS dan PPPK non guru tahun 2021.

Penjelasan penundaan dituliskan dalam poin delapan surat edaran tersebut. Hal ini karena masih ada beberapa data yang belum lengkap.

"Mengingat masih terdapat beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK non guru, dan PPPK guru 2021 yang belum ditetapkan oleh pemerintah, serta masih adanya usulan revisi penetapan kebutuhan (formasi) oleh beberapa instansi, maka jadwal pelaksanaan seleksi akan diinformasikan lebih lanjut," bunyi poin delapan tersebut yang dikutip, Jumat (11/6/2021).

Lalu apakah seleksi CPNS tahun ini kembali ditiadakan seperti tahun lalu?

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja sama BKN Paryono mengungkapkan bahwa tidak ada pembatalan seleksi CPNS tahun ini. Namun hanya penundaan.

"Tetap ada (seleksi CPNS)," ujarnya 

Untuk waktu pasti kapan pendaftaran akan dibuka ia meminta untuk bersabar. Setelah kekurangan data dilengkapi maka pihaknya akan segera mengumumkan ke publik.

"Nanti kami umumkan kapan waktu pendaftaran dibuka," jelasnya.

Sebagai informasi, total kebutuhan ASN tahun ini sebanyak 1.275.384 formasi. Kebutuhan ini untuk Pemerintah Pusat sebanyak 83.669 dan Pemerintah Daerah sebanyak 1.191.718 formasi.

Untuk kebutuhan Pemda terdiri dari guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1.002.616 formasi dan PPPK non guru 70.008 formasi serta CPNS 119.094 formasi.

Pendaftaran CPNS tahun ini hanya akan menggunakan satu portal pendaftaran saja, yaitu portal Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN, yang bisa diakses melalui sscasn.go.id.

(mij/mij) 
CNBC Indonesia