Pakai Deteksi Wajah, Peserta Tes CPNS 2021 Tak Bisa Pakai Joki

 https: img.okezone.com content 2021 06 11 320 2423550 pakai-deteksi-wajah-peserta-tes-cpns-2021-tak-bisa-pakai-joki-giUmyztG5E.jpg Seleksi CPNS 2021 Segera Dibuka. (Foto: Okezone/Kemenkumham) 

Badan Kepegawaian Negara (BKN) siap menggelar seleksi CPNS dan PPPK non Guru. Berbagai persiapan sudah disiapkan demi menjaga integritas instansi.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas BKN, Paryono mengatakan dari BKN sudah melalukan kesiapan seperti di tahun-tahun sebelumnya. Dengan menggunakan computer assisted test atau CAT, ini akan memperkecil adanya kecurangan.

"Teknologi akan membuat semua transparan dan akuntabel. Bahkan sekarang sudah ada namanya face recognition yaitu kamera yang akan mendeteksi wajah peserta tes," ujar Paryono di Jakarta (11/6/2021).

Aplikasi CAT terdiri dari soal dan pilihan jawaban, navigasi nomor soal, serta indikator waktu. Soal berada pada posisi sebelah kanan layar sementara navigasi nomor soal berada pada sisi kiri layar.

Salah satu strategi yang bisa digunakan dalam mengerjakan soal CAT adalah dengan memanajemen proses pengerjaan soal. Kamu dapat mengerjakan soal yang sekiranya dianggap mudah terlebih dahulu dan jangan terlalu fokus pada soal yang dianggap sulit. Karena waktu yang tersedia hanya 90 menit untuk mengerjakan 100 soal, sehingga dibutuhkan perencanaan waktu yang tepat.

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang meminta BKN memperketat pengawasan seleksi CPNS 2021 dan PPPK nonguru. Karena banyak kepala daerah yang kurang memahami masalah kepegawaian.

“Seleksi CPNS dan PPPK nonguru ini harus diperhatikan BKN karena kepala daerah ini ada yang dari pengusaha dan preman, sehingga kurang memahami roh kepegawaian,” ujar Junimart saat memimpin rapat kerja Komisi II DPR MenPAN-RB Tjahjo Kumolo di Jakarta beberapa waktu lalu.Okz