Kuota CASN Kota Magelang Tahun 2021

 Ilustrasi pengumuman formasi CPNS 2021. KOMPAS/ABBA GABRILLINIlustrasi pengumuman formasi CPNS 2021. - Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, membuka sebanyak 353 formasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021. 

Informasi rekruitmen tersebut sesuai dengan Keputusan (SK) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Nomor 857 tahun 2021 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kota Magelang tahun anggaran 2021.

Kepada Bidang Data dan Mutasi Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Magelang, Abdul Rochman mengatakan, alokasi untuk Kota Magelang sebanyak 353 formasi, meliputi 187 PPPK guru, 156 CPNS tenaga kesehatan, dan 10 CPNS tenaga teknis.

Sebanyak 187 formasi PPPK untuk guru tersebut meliputi guru kelas 73, Bahasa Indonesia 9, Matematika 3, Penjaskes 22, PPKN 7, Prakarya 14, Agama Islam 30, Seni Budaya 4, dan TIK 25.

Adapun untuk 156 formasi CPNS untuk tenaga kesehatan meliputi dokter 19, perawat 74, bidan 18, asisten apoteker 12, epidemiolog 2, fisio terapi 3, rekam medik 1, pranata labkes 10, radiografer 7, terapis wicara 1 dan refractionis optisien 9.

Sedangkan untuk CPNS tenaga teknis rinciannya antara lain administrator data dase (ADB) kependudukan 1, analis SDM aparatur 1, analis perkebunrayaan 2, operator SIAK 3, pranata komputer 1 dan teknisi perkebunrayaan 2.

"Untuk analis dan teknisi perkebunrayaan adalah formasi baru untuk ditempatkan di UPT Kebun Raya Tidar Dinas Lingkungan Hidup (DLH)," kata Rochman, dalam keterangan pers, Senin (8/6/2021).

Seluruh CASN itu akan ditempatkan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) 187 orang, Dinas Kesehatan 24 orang, RSU Tidar 133 orang, DLH 4 orang, Bagian Organisasi 1 orang, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) 4 orang.

Menurut Rochman, meskipun sudah ditentukan jumlah formasi yang dibutuhkan, akan tetapi kepastian pembukaan pendaftaran belum ada keputusan dari pemerintah pusat.

Sebab, masih ada beberapa daerah yang belum final jumlah formasi yang dibutuhkan.

"Kita masih nunggu petunjuk dari pusat untuk waktu pendaftaran. Karena daerah lain ada yang belum final," imbuhnya.

Secara umum, syarat dan ketentuan bagi calon pendaftar tidak berbeda dengan CASN tahun lalu.

Masyarakat yang ingin mendaftar bisa mempersiapkan diri sedini mungkin. Hanya yang berbeda, pada CASN tahun ini kemungkinan besar tempat ujian dipusatkan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

"Sesuai saran Kemen PANRB, pelaksanaan ujian CASN Kota Magelang dipusatkan di UNY. Maka sekarang kita sedang sampai pada tahap mengajukan MoU, drafnya sudah kita susun dan segera akan diajukan ke UNY," kata Rochman.

Selain itu, lanjut Rochman, ada ketentuan seleksi untuk PPPK guru yakni pendaftar adalah guru yang sudah  terdaftar pada Data Pokok Pendidik (Dapodik), terdapat dalam Database eks TH K-II BKN dan lulusan Program Profesi Guru (PPG) yang saat ini belum mengajar dan terdaftar dalam Database lulusan PPG Kemendikbud.

"Seleksi PPPK yang berusia 20 sampai 1 tahun sebelum batas usia pada jabatan yang dilamar, saat mendaftar dan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," pungkasnya. Kompas