Kota Tasikmalaya Buka 30 Lowongan CPNS bagi Lulusan SMA Sederajat

Ilustrasi CPNS 2021. 
  KOMPAS/ABBA GABRILLINIlustrasi CPNS 2021. Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, mendapatkan jatah kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi lulusan sekolah menengah atas (SMA) sederajat sebanyak 30 orang.

Para pegawai yang diterima nantinya akan ditempatkan menjadi petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satool PP) Kota Tasikmalaya.

Jumlah lowongan bagi pelamar non-sarjana ini bagian dari keseluruhan kuota CPNS Kota Tasikmalaya sebanyak 213 orang yang akan dibuka serentak secara nasional dalam waktu dekat ini.

"Nah, kita punya lowongan 30 orang CPNS yang akan ditempatkan di Satpol PP dengan golongan awal II A atau pelamarnya non-sarjana atau bisa dari ijazah SMA/SMK sederajat," ujar Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan , Selasa (8/6/2021).

Namun, tentunya ada klasifikasi khusus lainnya selain tes umum, yakni memenuhi persyaratan fisik khusus yang nantinya akan ditentukan lebih lanjut.

Ivan mengatakan, selama ini pihaknya masih kekurangan tenaga Satpol PP yang berstatus PNS.

Selama ini, sebagian besar personel diisi oleh pekerja berstatus tenaga harian lepas (THL).

Para pekerja THL dinilai tidak terlalu optimal dalam menegakkan peraturan daerah (Perda) yang telah ditetapkan selama ini.

"Jadi kalau Satpol PP-nya berstatus THL belum bisa diberikan kewenangan lebih dalam menegakkan Perda. Kalau pegawai berstatus PNS dinilai akan lebih optimal dalam menegakkan Perda selama ini di lapangan," kata Ivan.

Persyaratan umum penerimaan CPNS Kota Tasikmalaya dari pelamar non-sarjana ini hampir sama dengan kuota CPNS lainnya.

Adapun perbedaannya, menurut Ivan, memiliki persyaratan khusus fisik yang nantinya akan ditentukan, karena bekerja sebagai penegak Perda di lapangan.

Adapun dari jumlah 30 kuota tersebut, akan diterima pria dan wanita berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun sesuai kriteria umum dari panitia pelaksana penerimaan CPNS pemerintah pusat.

"Kalau persyaratan umumnya sama, tapi ada kriteria khusus fisik bagi pelamar non-sarjana ini," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Pemkot Tasikmalaya mendapatkan jatah kuota 213 CPNS dan 1.034 PPPK untuk tahun ini.Kompas