Kiat-kiat dan Tips Lulus CPNS 2021


Menjadi Pegawai Negeri Sipil merupakan profesi dambaan oleh setiap orang. Sehingga pembukaan dan pendaftaran CPNS merupakan yang sangat dinanti-nanti untuk diperebutkan. Berbagai macam formasi telah di tetapkan. Saatnya untuk menjeput mimpi menjadi ASN yang diidam-idamkan.

Tidak seperti profesi lainnya, pegawai negeri adalah profesi yang dapat dikatakan main aman. Sudah menjadi rahasia umum jika dalam hal ini tunjangan dan besaran gaji pokok akan selalu konstan bahkan dalam kondisi krisis moneter sekalipun.

Berkaca dari pandemi di 2020, banyak perusahaan gulung tikar karena kondisi yang diwajibkan untuk lockdown. Namun, hal ini tidak berpengaruh bagi pegawai negeri sipil. Hal tersebut yang menjadikan peminat CPNS melunjak setiap tahunnya.

Untuk itu, apa saja yang diperlukan dalam menyiapkan agar lolos seleksi CPNS? Simak tips-tipsnya berikut ini!

Persiapkan diri jauh-jauh hari

Jika memang kamu serius ingin berhasil dalam tes CPNS, kamu harus memastikan bekal yang kamu punya sudah cukup untuk menghadapi ujian. Meskipun takdir memang di tangan Tuhan, bukan berarti kamu tidak membekali diri dengan apapun.

Saat ada rencana pembukaan CPNS, seharusnya kamu juga mempersiapkan saat itu juga. Persiapan yang matang akan membuatmu lebih maksimal dalam menghadapi ujian.

Mengetahui tahapan seleksi

Hal lain yang perlu dipersiapkan adalah mengetahui tahapan seleksi. Kamu harus banyak membaca tentang prosedur tes dan tahapan-tahapan yang nanti akan dijalani. Hal ini dilakukan agar kamu benar-benar siap melewati tahapan demi tahapan. Jangan sampai kamu tidak update dan tidak mengetahui kapan tes ini dimulai dan diakhiri.

Mengetahui Tipe Ujian

Jika kamu hanya ingin ikut ujian dengan coba-coba tanpa bekal penuh, sebaiknya jangan dilakukan. Karena kamu tidak akan berhasil dengan usaha yang hanya setengah-setengah. Pesaingmu bukan hanya tingkat kecamatan atau kota saja, melainkan seluruh penjuru negeri.

Berjuta-juta orang yang akan terjun langsung dengan bekal yang mapan demi meraih impian menjadi PNS. Jadi, minimal kamu perlu tahu tipe-tipe soal yang akan diujikan. Tipe soal tersebut antara lain Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Melengkapi Dokumen

Hal lain yang terlihat sepele adalah masalah administratif. Seringkali masalah seperti ini dianggap remeh oleh sebagian orang. Padahal jika kelengkapan data diri tidak lengkap, maka kamu akan didiskualifikasi sebelum melanjutkan ke tahap seleksi kompetensi.

Jadi, jangan anggap remeh hal ini. Terlebih jika ada data diri yang hilang, segeralah melakukan pembaruan. Karena hal tersebut kadang membutuhkan waktu yang lama.

Perbanyak latihan

Tentunya, selain melengkapi dokumen administrasi selanjutnya adalah seleksi kompetensi. Disinilah persiapanmu benar-benar diuji. Sebelum melakukan ujian, baiknya kamu persiapkan dengan banyak latihan soal. Latihan soal bisa kamu dapatkan di bimbingan belajar (bimbel) yang sudah secara profesional untuk menghadapi soal CPNS. Atau bisa juga dengan buku, dan melaui internet. Semua sudah sangat dimudahkan di era teknologi ini.

Menjaga kesehatan, optimis, dan berdoa

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kesehatan fisik. Kamu harus menjaga stamina sebelum tes CPNS dimulai. Tentunya hal ini akan membuat kamu semakin fokus untuk menghadapi ujian. Serta harus percaya diri dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan. Karena kamu telah mempersiapkan jauh-jauh hari, maka jangan rasa percaya diri harus ada dalam dirimu.

Jangan lupa untuk meminta restu kepada kedua orang tua sebelum berangkat ke tempat ujian. Doa dari mereka lebih mustajab daripada apapun. Jangan lupa untuk mendoakan dirimu sendiri. Semoga berhasil.

Demikian ulasan tentang kiat-kiat untuk sukses CPNS 2021, semoga ulasan ini bermanfaat ya!

Qiqi NurIndah/Kompasiana