Kapan Jadwal Pendaftaran PPPK Guru 2021 Dibuka? Kata BKN

 Sejumlah adaptasi dilakukan di masa pandemi COVID-19. Salah satunya melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring guna cegah penyebaran virus Corona.

Foto: Grandyos Zafna/Kapan Jadwal Pendaftaran PPPK Guru 2021 Dibuka? Ini Kata BKN

Pemerintah menunda pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK dari yang semula dijadwalkan pada 31 Mei kemarin. Lantas, kapan jadwal pasti untuk PPPK guru?

Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku pelaksana seleksi angkat bicara terkait hal ini. Direktur Status dan Kedudukan Kepegawaian Paryono mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memastikan kapan jadwal pendaftaran PPPK dibuka.

"Belum pasti," ungkap dia  Jumat (4/6/2021).

Namun, ia berjanji akan mengumumkan jadwal pendaftaran PPPK guru 2021 bila telah pasti ditetapkan. Ia pun berharap agar pembukaan pendaftaran dilaksanakan di bulan Juni ini.

"Kalau sudah pasti, nanti kami umumkan. Semoga bulan Juni," sambung dia.

Sebagai informasi, penundaan pembukaan pendaftaran PPPK 2021 tertuang dalam Surat Edaran Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021. Ada beberapa alasan penundaan jadwal pendaftaran PPPK guru 2021.

Pertama, karena aturan belum siap. Selain itu, masih ada usulan revisi untuk kebutuhan (formasi dari beberapa instansi sehingga pelaksanaan diatur kembali.

"Mengingat masih terdapat beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK non guru, dan PPPK guru 2021 yang belum ditetapkan oleh pemerintah, serta masih adanya usulan revisi penetapan kebutuhan (formasi) oleh beberapa instansi, maka jadwal pelaksanaan seleksi akan diinformasikan lebih lanjut," tulis akun @bkngoiofficial dikutip detikEdu, Senin (31/5/2021).

Kedua, karena adanya permasalahan anggaran. Untuk seleksi kompetensi PPPK guru 2021 sendiri akan dibebankan pada anggaran Kemendikbudristek.

Terakhir, dijelaskan penundaan jadwal pendaftaran PPPK guru 2021 karena terkait persiapan teknis. Maka dari itu, jadwal seleksi PPPK 2021 untuk guru khususnya akan diinformasikan lebih lanjut

(pay/pal) Detik