CPNS 2021 Belum Dibuka, Sejumlah Formasi Kok Sudah Tersebar?

Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat. (Juni Kriswanto/AFP)

Pemerintah saat ini masih belum membuka proses pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun formasi 2021. Secara jadwal yang telah dipersiapkan, proses pendaftaran PPPK dan CPNS 2021 rencananya dibuka pada 31 Mei 2021 namun kemudian mundur.

Kendati begitu, sejumlah formasi CPNS 2021 di kementerian/lembaga dan pemerintah daerah (pemda) terpantau sudah banyak tersebar di laman digital.

Apakah formasi tersebut valid?

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono, mengatakan informasi seputar formasi CPNS tersebut jadi kewenangan masing-masing instansi pemerintah yang terlibat.

"Kalau informasi yang diberikan oleh instansi harus dikonfirmasi ke instansi. Formasi yang diumumkan mungkin dari formasi yang telah disetujui," jelasnya kepada Liputan6.com, Senin (7/6/2021).

Sebagai informasi, total kebutuhan calon aparatur sipil negara (CASN) 2021 sebanyak 1.275.384 fotmasi. Kebutuhan ini terdiri untuk pemerintah pusat 83.669 formasi, dan pemerintah daerah 1.191.718 formasi.

Adapun untuk kebutuhan pemerintah daerah terdiri dari PPPK guru sebanyak 1.002.616 formasi, PPPK non-guru sebanyak 70.008 formasi, dan CPNS 119.094 formasi.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebelumnya menyampaikan, hampir semua instansi yang terlibat dalam perekrutan CPNS kali ini telah menyelesaikan penetapan formasinya.

Formasinya sudah kami serahkan ke masing-masing instansi. Hampir sebagian besar sudah fix," kata Plt Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB Katmoko Ari Sambodo kepada Liputan6.com.

Katmoko memastikan, sekitar 1,2 juta formasi CPNS dan PPPK tersebut akan dibuka untuk proses perekrutan tahun ini.

Meskipun secara jadwal masih tentatif lantran beberapa faktor, seperti kesiapan masing-masing instansi dan situasi pandemi Covid-19.

"Formasi enggak mungkin berubah. Tapi kalau tanggal, namanya tentatif kan bisa saja berubah," ujar Katmoko.