BPK Buka 1.380 Lowongan CPNS 2021

Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat. (Juni Kriswanto/AFP)

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) membuka sebanyak 1.320 formasi pada perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Pada seleksi kali ini, BPK utamanya mencari calon abdi negara yang bisa mengisi kursi jabatan pemeriksa.

“BPK mendapatkan formasi yang cukup banyak pada tahun 2021, yaitu 1.320 untuk jabatan pemeriksa dan jabatan lainnya, yang utamanya jabatan pemeriksa," ujar Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arif dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (8/6/2021).

Bahtiar menerangkan, jumlah formasi yang didapatkan BPK pada seleksi CPNS kali ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tahun 2021 terkait penetapan kebutuhan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan BPK tahun 2021.

Jumlah ini disediakan untuk tiga jabatan, seperti jabatan pemeriksaan ahli pertama sebanyak 1.257 formasi, pranata komputer 35 formasi, serta pengelolaan data informasi dan hukum 28 formasi.

Lebih lanjut, Bahtiar mengatakan, BPK juga akan mengikuti arahan pemerintah untuk mengalokasikan CPNS formasi khusus disabilitas sebanyak 2 persen.

"Kebijakan pemerintah mengalokasikan formasi khusus disabilitas sebanyak 2 persen, yang artinya untuk tahun 2021 ada 27 orang," terang Bahtiar.

Menurut dia, dengan semakin beragamnya latar belakang pegawai BPK, maka akan menambah keluasan pegawai dalam bekerja di BPK, keberagaman, inklusifitas, dan tentunya diikuti dengan perbaikan-perbaikan atau ruang-ruang perbaikan yang perlu dilakukan dalam rangka rencana penerimaan CPNS 2021.

"Dengan adanya formasi disabilitas ini dan/atau sudah bergabungnya teman-teman disabilitas di BPK ini, kita ingin mendapatkan masukan-masukan dari teman-teman formasi disabilitas yang sudah bergabung dan bekerja, serta memperoleh pengalaman bagaimana bekerja di BPK," tuturnya.Liputan6