Beredar Informasi Formasi CASN 2021 di Pemkab Bantul, Ini Kata Sekda

 Tangkapan layar terkait formasi CASN 2021 di Pemkab Bantul. InstagramTangkapan layar terkait formasi CASN 2021 di Pemkab Bantul. Unggahan perihal rincian formasi calon aparatur sipil negara (CASN) 2021 di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul baru-baru ini beredar luas di media sosial Instagram.

Salah satu rincian formasi tersebut dibagikan akun Instagram @cpns_indonesia.

Dalam unggahan itu, formasi CASN di Kabupaten Bantul disebut tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor: 628 Tahun 2021 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul Tahun Anggaran 2021.

Dari informasi tersebut, terlihat formasi yang dibutuhkan adalah untuk tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Adapun jumlah tenaga guru yang dibutuhkan terlihat lebih dari 246 formasi, tenaga kesehatan lebih dari 57 formasi, dan tenaga teknis ada 49 formasi.

Selain menyebutkan terkait perincian formasi CASN yang dibutuhkan, juga terlihat adanya tanda tangan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo.

 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by CPNS dan PPPK INDONESIA 2021 (@cpns_indonesia)

Lantas, benarkah informasi dalam unggahan tersebut? 

Penjelasan Pemkab

Saat dikonfirmasi terkait unggahan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Bantul Helmi Jamharis mengatakan, pihaknya sejauh ini belum mengunggah informasi terkait formasi CPNS 2021. 

“Kita belum pernah meng-upload formasi (CPNS 2021),” ujarnya , Kamis (3/6/2021).

Kendati demikian, Helmi mengakui sudah ada informasi alokasi dari Kemenpan RB untuk CASN di Pemda Bantul. Namun, hal tersebut belum dipublikasikan.

Saat disinggung terkait informasi perincian formasi CASN 2021 Pemkab Bantul di media sosial tersebut, pihaknya belum bisa memastikan kebenaran informasi tersebut. 

Ia memastikan, sumber informasi mengenai formasi CPNS yang banyak tersebar tersebut bukanlah dari Pemda Bantul.

“Hoaks tidaknya saya belum berani menilai, yang jelas sumbernya bukan dari Pemda,” katanya lagi.

Helmi menegaskan, sejauh ini belum diketahui pasti kapan pengumuman CPNS 2021 akan dilakukan.

Adapun untuk Pemda Bantul, nantinya formasi CASN 2021 yang dibutuhkan secara keseluruhan sebanyak 921 formasi, baik dari CPNS dan PPPK.

Tak hanya di Bantul

Sebelumnya, informasi mengenai rincian kebutuhan formasi CASN 2021 juga tersebar dan disebutkan berasal dari sejumlah daerah.

Salah satunya adalah informasi CASN di DKI Jakarta.

Dalam unggahan yang beredar di media sosial tersebut, menyebutkan DKI Jakarta membutuhkan 12.037 formasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Maria Qibtya mengatakan, pihaknya masih menggodok regulasi terkait CPNS 2021.

"Belum (dibuka), kami sedang berproses. Tapi memang sebelum lebaran itu ada penetapannya, ada PNS dan PPPK. Ini kami bahas dulu," ujarnya, Rabu (19/5/2021).

Dikonfirmasi terpisah, Plt Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN RB, Mohammad Averrouce menjelaskan soal rincian formasi tersebut.

"Kami sampaikan bahwa Kementerian PAN RB telah menyampaikan penetapan kebutuhan/formasi kepada K/L/Pemda disampaikan secara resmi dan tidak melalui kanal-kanal lainnya atau web," ujarnya , Kamis (20/5/2021).

Pihaknya juga mengatakan informasi mengenai data formasi di DKI Jakarta yang menyebar tersebut bukan dari KemenPAN RB.

KOMPAS/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Syarat Pendaftaran CPNS, PPPK Guru, dan PPPK Non-guru 2021