Strategi Menjawab Soal pada Tes SKD CPNS 2021 dengan Sistem CAT

Ilustrasi Pemprov Bengkulu Usulkan Sebanyak 490 Formasi CPNS 2021, Posisi Ini Diusulkan Dengan Kuota Terbanyak
Ilustrasi Pemprov Bengkulu Usulkan Sebanyak 490 Formasi CPNS 2021, Posisi Ini Diusulkan Dengan Kuota Terbanyak /Tommy Riyadi/PRFM Pendaftaran CPNS 2021 akan segera dilaksanakan pada bulan ini melalui link pendaftaran sscn.bkn.go.id.

Segala persiapan harus disiapkan mulai dari sekarang bagi Anda yang ingin mengikuti seleksi CPNS 2021 nanti.

Salah satu poin penting dalam menghadapi seleksi CPNS adalah menguasai materi yang akan diujikan baik pada tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) ataupun Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Bukan hanya sekedar menguasai materi, mengerjakan soal SKD dan SKB pun harus punya strategi. Apalagi saat ini pelaksanaan SKD sudah menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Computer Assisted Test adalah sistem berbasis komputer yang dipakai saat ujian SKD. Jadi, para peserta akan melakukan ujian melalui komputer yang telah disiapkan panitia pelaksana.

Berbeda dengan tes tertulis umumnya, dalam pelaksanaan CAT tentu diperlukan strategi agar waktu yang ditentukan tidak terbuang percuma.

Berikut ini telah merangkum dari berbagai sumber tentang strategi mengerjakan soal SKD pada sistem CAT agar tepat waktu.

  1. Kerjakan soal yang paling mudah terlebih dulu

Untuk menghemat waktu, kerjakanlah soal yang lebih mudah terlebih dulu dan tidak memerlukan banyak waktu untuk membaca soalnya. Trik ini sangat penting karena akan menghemat waktu pengerjaan.

  1. Pelajari soal SKD tahun-tahun sebelumnya

Materi SKD yang diujikan meliputi TWK, TIU, dan TKP, dan seringkali soal-soal yang diujikan selalu sama tiap tahunnya atau memiliki pola yang mirip. Maka dari itu persiapkanlah diri secara matang, baik dari segi pemahaman materi, persiapan fisik dan juga mental.

  1. Jangan gugup saat mengerjakan soal

Saat mengerjakan soal SKD menggunakan sistem CAT, sebaiknya Anda tidak gugup. Jika demikian, hal itu akan berpengaruh pada ketelitian Anda saat mengerjakan soal. Selain itu Anda juga tidak bisa fokus selama menjalani ujian.

  1. Siapkan fisik dan mental

Jagalah kesehatan dan kebugaran tubuh menjelang tes SKD. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih fokus saat mengerjakan tes.

  1. Ketahui Passing Grade

Sebelum mengikuti tes, ketahui dulu nilai ambang batas (passing grade) untuk mengukur seberapa banyak soal yang harus dikerjakan dengan jawaban yang benar. Hal ini merupakan trik yang tepat untuk mengetahui apakah Anda lulus passing grade atau tidak.

  1. Terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Selain usaha-usaha di atas, jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi kelancaran saat mengikuti ujian.

Itulah beberapa tips dan trik menghadapi tes SKD yang saat ini sudah menggunakan sistem CAT.

Perlu diketahui bahwa pendaftaran CPNS 2021 nanti juga akan menerapkan sistem yang sama untuk tes SKD nya. Maka dari itu, mulailah berlatih mengerjakan soal-soal yang bisa Anda pelajari di internet dan jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang disyaratkan saat pendaftaran CPNS 2021 mendatang.***

Sumber: Berbagai Sumber