Kesalahan Sepele Ini Bisa Buat Otomatis Gagal Lolos Seleksi CPNS 2021

Pendaftaran seleksi CPNS 2021 sebentar lagi dibuka, perhatikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan pelamar terdahulu yang membuatnya gagal.
Pendaftaran seleksi CPNS 2021 sebentar lagi dibuka, perhatikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan pelamar terdahulu yang membuatnya gagal. /Instagram/@bkngoidofficial/  

Kamu yang ingin berpeluang untuk lolos jadi PNS pada seleksi CPNS tahun ini bisa ketahui apa saja kesalahan sepele yang bisa kamu hindari ketika mendaftar seleksi CPNS 2021.

Nyatanya ada beberapa keselahan yang bisa dialami oleh peserta saat mendaftar seleksi CPNS 2021. Berkaca dari seleksi CPNS sebelumnya, tentu kamu tak ingin gagal lolos cuma karena kesalahan sepele, bukan?

Nah, ada baiknya peserta menyiapkan diri mulai sekarang dan ketahui apa saja kira-kira hal yang harus kamu waspadai dan saat daftar seleksi CPNS 2021 nanti.

Sebelumnya, pengumuman pendaftaran seleksi CPNS 2021 telah resmi ditetapkan oleh Kemenpan RB yakni mulai berlangsung pada Mei mendatang, pasalnya di bulan April pemerintah telah memutuskan untuk membuka pendaftaran sekolah kedinasan.

"Sementara untuk CPNS dan PPPK di seluruh instansi pusat dan daerah akan mulai dibuka bulan Mei hingga Juni," kata Menteri PANRB.

Jika terkait jumlah spesifik PNS yang dibutuhkan, kabarnya di masing-masing instansi juga akan segera ditetapkan.

Setelah ditetapkan oleh Menteri PANRB, penetapan formasi CPNS 2021 akan disampaikan ke masing-masing instansi dan barulah formasi akan diumumkan.

Nah, oleh karena itu siapkan diri untuk mendaftar seleksi CPNS 2021, masih ada satu bulan lagi. Peserta dapat mengetahui kesalahan yang biasa terjadi saat daftar seleksi

Hal ini juga sangat membantu kamu agar berpeluang lolos jadi PNS. Tak hanya, melengkapi berkas dan persyaratannya tetapi kamu juga wajib tahu kesalahan apa yang sering terjadi saat pendaftaran.

Beberapa informasi terkait kesalahan yang biasa terjadi saat mengikuti seleksi CPNS 2021 akan dirangkumkan untuk kamu di sini.

Berikut 10 kesalahan yang harus kamu waspadai saat daftar seleksi CPNS 2021 agar terhindar dari kegagalan:

1. Ada baiknya calon peserta melampirkan foto dengan baik. Seperti memperhatikan pakaian dan latar belakang foto.

Sama seperti seleksi CPNS sebelumnya, calon peserta diminta melampirkan foto dengan pakaian rapi dengan latar belakang merah.

2. Saat menggunggah berkas, ada baiknya calon peserta menscan terlebih dulu berkas yang dibutuhkan.

3. Ketika login masuk ke situs resmi, pastikan nomor NIK yang dimasukkan benar. Calon peserta bisa cek ulang agar tak salah.

4. Mengisi Biodata diri. Calon peserta wajib berhati-hati saat mengisi biodata diri terutama nama lengkap, nomor NIK, alamat serta alamat email.

5. Pastikan calon peserta memahami dengan benar kriteria, persyaratan serta tahapan apa saja yang akan ada pada seleksi CPNS 2021.

6. Memakai format surat lamaran atau surat pernyataan yang tidak sesuai dengan panduan.

7. Salah menempatkan ketika mengunggah dokumen. Misalnya, tempat dokumen surat lamaran justru diunggah di KK.

8. Dokumen yang diunggah buram dan tak terbaca.

9. Ijazah yang diunggah tidak menunjukkan kolom IPK.

10. Perbedaan nomor ijazah dalam scan dengan yang dituliskan di kolom nomor ijazah.

Itulah kesalahan dan hal fatal yang bisa saja terjadi saat mendaftar seleksi CPNS. Calon peserta bisa memeriksa ulang data diri sebelum mengklik selesai dan mencetak kartu pendafaran CPNS.***

Sumber: Berbagai Sumber