Usaha GTKHNK35 Untuk Menjadi PNS Melalui Lobi Ketum PBNU

Usaha GTKHNK35 Untuk Menjadi PNS Melalui Lobi Ketum PBNU
Para pengurus GTKHNK35+ Jatim saat bertemu Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj pada 31 Maret 2021. Foto dokumentasi GTKHNK35+ Jatim

Semangat forum Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer Nonkategori usia 35 tahun ke atas (GTKHNK35 ) untuk meraih status PNS tidak pernah padam.

GTKHNK35 Jawa Timur bahkan jauh-jauh ke Jakarta menemui Ketum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj.

Mereka mengharapkan Kiai Said Aqil memfasilitasi pertemuan dengan Presiden Joko Widodo.

Delegasi kami bisa bertemu Kiai Said tanggal 31 Maret 2021. Kami meminta dukungan beliau untuk keluarnya Keppres PNS," kata Ketua GTKHNK35 Jawa Timur Mohammad Yudha , Rabu (7/5).

Dalam pertemuan itu GTKHNK35 mengatakan butuh kebijakan khusus melalui Keppres PNS.

Salah satunya dengan dukungan kepala daerah. Sampai saat ini surat rekomendasi dukungan kepala daerah sudah mencapai 200 lebih.

"GTKHNK35- menyampaikan kepada Kiai Said agar membantu dipertemukan dengan Gubernur Jatim sekaligus meminta surat rekomendasi agar posisi kami lebih kuat," ujarnya.

Sementara itu, Anita Aristya, sekretaris GTKHNK35 Jatim mengatakan aspirasi mendapatkan Keppres PNS sudah disampaikan ke Komisi II, Komisi X, Kemendagri, Kemendikbud, BKN, KemenPAN-RB, dan presiden.

Saat ini, Komisi X sudah ada Panja untuk guru dan tendik honorer tetapi belum ada titik terang.

Anita yakin saat ini presiden sudah mengetahui permohonan GTKHNK35 adalah menjadi PNS. Sayangnya, fakta di lapangan pengabdian honorer hanya dibalas dengan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang sistem kerjanya kontrak.

"Kami berharap Kiai Said bisa menyampaikan aspirasi kami untuk menjadi PNS," ucapnya.

GTKHNK35 Jatim lega melihat Kiai Said memberikan respons positif. Menurut Anita, Kiai Said mendukung Keppres PNS untuk honorer 35 tahun ke atas sehingga pemerintah harus membuat kebijakan khusus untuk penyelesaiannya.

"Kiai Said menyampaikan akan menjembatani GTKHNK35 Jatim bertemu Gubernur Khofifah Indar Parawansa," ujarnya.

Selain itu, forum ini bergembira setelah PBNU berjanji akan menyampaikan aspirasi GTKHNK35 kepada Presiden Jokowi melalu Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Jadi Kiai Said akan mendekati Kiai Ma'ruf karena sama-sama tokoh NU," pungkasnya. (esy/jpnn)