Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021, Segera Dibuka


Pelajar mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Negeri 1, Jakarta, Senin (2/4). Data Dinas Pendidikan DKI, secara keseluruhan jumlah yang menggelar UNBK terdiri dari 5.784 sekolah dan diikuti 443.768 peserta. (Liputan6Arya Manggala)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah membuka portal pendaftaran sekolah kedinasan 2021, yang beralamat di situs dikdin.bkn.go.id. Meski demikian, BKN baru mempersiapkan portal pendaftaran tersebut, namun belum membuka sesi pendaftaran.

Namun begitu, calon peserta sudah bisa mempelajari tata cara pendaftaran sekolah kedinasan 2021. Mengutip informasi akun Instagram @bkngoidofficial, Senin (5/4/2021), calon peserta bisa mengakses portal sscasn.bkn.go.id. lalu klik opsi Dikdin dan pilih menu registrasi/daftar.

Selanjutnya, pendaftar bisa klik menu Registrasi di pojok kanan atas. Lengkapi form pendaftaran akun SSCASN DIKDIN, dan klik lanjutkan.

Berikutnya, lengkapi data diri seperti alamat sesuai identitas, email, termasuk menyertakan foto berlatar belakang merah. Kemudian portal akan minta kepastian apakah data diri yang terisi tepat, dan jika sudah yakin klik proses pendaftaran akun.

Calon peserta kemudian diminta mencetak Kartu Informasi Akun untuk sekolah kedinasan 2021. Jika sudah, balik kembali ke laman sscasn.bkn.go.id, kemudian login dengan NIK dan password yang sudah ditentukan.

Langkah selanjutnya, harap unggah swafoto dengan KTP dan kartu informasi akun yang telah dicetak. Setelah itu, pilih sekolah dan jenis formasi, kemudian lengkapi data yang diperlukan lainnya. Semisal jenis pendidikan, Nomor Induk Siswa Nasional, serta Nomor Ijazah. Silakan nilai rata-rata ijazah di kolom terlampir.

Pengisian data diri belum selesai. Calon peserta sekolah kedinasan juga diminta menuliskan form Pengisian Biodata. Setelah semua terisi, calon peserta diminta untuk mengunggah dokumen seperti pembayaran, ijazah, KTP, hingga surat pernyataan.

Calon peserta juga kembali mendata dengan melakukan ceklis data diri di Resume Pendaftaran. Jika sudah, akhiri proses jika data sudah benar.

Jika sudah menyelesaikan proses, Kartu Pendaftaran Akun Sekolah Kedinasan 2021 itu akan jadi tanda bukti saat melakukan ujian. Liputan6