Solusi Permasalahan NIK dan KK Pada Pendaftaran CPNS Sekolah Kedinasan 2021

Solusi Permasalahan NIK dan KK Pada Pendaftaran CPNS Sekolah Kedinasan 2021
Pendaftaran CPNS 2021 Jalur Sekolah Kedinasan. Ilustrasi praja IPDN. Foto: dok. Kemendagri

Plt Deputi bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB Teguh Widjinarko meminta para pelamar CPNS jalur sekolah kedinasan untuk memperhatikan prosedur pendaftaran.

Sebab, masih ada pelamar yang kesulitan mendaftar karena tidak mempersiapkan dokumennya.

Teguh menjelaskan sebelum melakukan pendaftaran ke sekolah kedinasan yang dituju, calon pelamar diwajibkan membuat akun SSCASN di situs dikdin.bkn.go.id.

Saat membuat akun, calon pelamar akan diminta memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

"Dalam tahapan ini calon pelamar kerap mengalami kendala karena ketidaksesuaian data antara NIK dan KK," kata Teguh, Senin (12/4).

Dia menyebut NIK atau KK calon pelamar kerap tidak terdeteksi karena tidak terdaftar.

Agar tidak terjadi ketidaksesuaian data antara NIK dan nomor KK/NIK kepala keluarga, calon pelamar diminta mengajukan perbaikan data ke Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat sesuai alamat KTP dan Disdukcapil Pusat untuk melakukan perbaikan data sesuai dengan dokumen resmi yang dimiliki.

Teguh menyampaikan data kependudukan itu harus dipastikan sudah tersinkronisasi dengan server Dukcapil Pusat. Calon pelamar bisa menghubungi Direktorat Jenderal Dukcapil Pusat melalui email callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id.

"Kendala NIK dan KK yang belum terdaftar atau pertanyaan terkait juga bisa disampaikan melalui Layanan Helpdesk Ditjen Dukcapil di nomor telepon 1500537 atau melalui WhatsApp di nomor 08118005373," pungkas Teguh.

Diketahui, seleksi CPNS dari sekolah kedinasan telah dibuka sejak 9 April sampai 30 April untuk delapan instansi pada tahun ini. (esy/jpnn)