Pendaftaran CPNS Sekolah Kedinasan Dibuka Mulai 9 April 2021

Syarat dan Linknya

pendaftaran-cpns-sekolah-kedinasan-dibuka-mulai-9-april-2021-cek-di-sini-syarat-dan-linknya
Ilustrasi seleksi pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2021 yang akan dimulai 9 April 2021 (Sumber: KemenPAN-RB)

Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengumumkan jadwal pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) melalui jalur sekolah kedinasan. Untuk jalur ini rencananya akan dibuka pada 9 April 2021.

Dilansir dari laman bkn.go.id, berikut ini KompasTV sarikan, Selasa (6/4/2021), terkait syarat dan link seleksi CPNS melalui jalur sekolah kedinasan.

Bagi Anda yang tertarik, informasi terkait pendaftaran sekolah kedinasan dapat disimak melalui laman dikdin.bkn.go.id.

Para pelamar pun wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan dan sekolah kedinasan yang dilamar.

Diketahui, setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki persyaratan yang berbeda.

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersiapkan syarat-syarat dokumen yang diperlukan. Berikut ini syaratnya:

- Kartu Keluarga Kartu Tanda Penduduk (KTP)

- Ijazah Rapor SMA/sederajat

- Pas foto

- Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar. 

Cara daftar sekolah kedinasan 2021

Untuk tata cara pendaftaran sekolah kedinasan, langkah-langkahnya sebagai berikut:

- Pelamar harus masuk ke portal SSCASN di situs https://sscasn.bkn.go.id

- Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan,

- Membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di laman https://dikdin.bkn.go.id

- Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

- Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian.

- Pelamar memasukkan nilai

- Pelamar melengkapi biodata

- Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan

- Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)

- Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah

- Pelamar mengecek hasil verifikasi

- Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran dapat dicek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih

- Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian

- Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi

- Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi

- Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya.

Petunjuk pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 dapat disimak panduannya di sini

Perlu diketahui, pelamar hanya dapat melamar 1 Sekolah Kedinasan saja. Aturan lebih rinci mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang dipilih dapat dicek di halaman situs masing-masing sekolah kedinasan.

Penulis : Gading Persada | Editor : Eddward S Kennedy/Kompas TV