Pahami Persyaratan Seleksi CPNS 2021

Bagi Kawan Puan yang ingin mengikuti seleksi CPNS 2021, yuk simak persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah berikut agar tidak ada yang terlewat!Mau Ikut Seleksi CPNS 2021? Cek dan Pahami Persyaratan Ini Dulu yuk!Ilustrasi Parapuan CPNS dilangsungkan dari Mei 2021 sampai Juni 2021.

Proses pendaftaran dan seleksi dilakukan dengan berbasis komputer sehingga meminimalisir munculnya calo atau joki yang dapat mencurangi hasil tes.

“Proses seleksi CASN (Calon Aparatur Sipil Negara) terbuka dan sistemnya tidak ada peluang untuk KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme). 

Ikuti website Kementerian PANRB dan BKN (Badan Kepegawaian Negara) untuk informasi terbaru,” kata Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Sabtu (10/4/2021), seperti dikutip dari Kompas.com.

Adapun persyaratannya meliputi batas usia pendaftar, kualifikasi pendidikan pendaftar, dan lainnya.


Pendaftar pun wajib Warga Negara Indonesia atau WNI.

Terkait syarat batas usia, pendaftar harus berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun.

Posisi yang bisa dilamar untuk usia paling tinggi 40 tahun hanyalah dokter spesialis dan dokter gigi spesialis, dokter pendidik klinis, serta tenaga akademis.

Rincinya, tenaga akademis itu adalah dosen, peneliti, dan perekayasa ilmiah dengan kualifikasi pendidikan S3.

Syarat berikutnya yakni pendaftar tidak pernah dipidana penjara dua tahun atau lebih dan sedang tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, maupun anggota TNI atau Polri.

Pendaftar juga tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik maupun terlibat politik praktis, serta harus memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

Pendaftar juga wajib sehat jasmani dan rohani.

Saat mendaftar nanti, pelamar hanya boleh mendaftar pada satu instansi pemerintahan dan satu formasi jabatan.


Syarat lainnya yaitu pendaftar tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai PNS maupun sebagai anggota TNI atau Polri.

Selain itu, pendaftar tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai swasta.

Ketika sudah berhasil diterima sebagai ASN, pelamar harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh institusi pemerintahan.

Untuk tahun ini, pemerintah membutuhkan ASN sebanyak 1.275.387 orang untuk mengisi sejumlah posisi di institusi pemerintahan pusat dan daerah.

Seleksi CPNS dijadwalkan berlangsung dari Juli 2021 sampai Oktober 2021.

Nama-nama peserta yang lulus tes rencananya diumumkan pada November 2021.

Terakhir, tahap pemberkasan dan penetapan Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil (NIP) akan dilangsungkan pada November 2021 sampai Januari 2022. (*) Tribun