Menpan RB Buka-bukaan Soal Ujian CPNS 2021

https: img.okezone.com content 2021 04 20 320 2397934 tjahjo-kumolo-buka-bukaan-soal-ujian-cpns-2021-q3PnSQ4BRh.jpeg 
CPNS (Foto: Okezone)  

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo secara resmi telah menerima soal untuk seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Tjahjo mengatakan bahwa setelah soal diterima maka akan dilanjutkan proses input data ke sistem Computer Assisted Test (CAT) milik BKN.

“Diserahkannya soal seleksi calon ASN tersebut selanjutnya tim Panselnas akan melakukan proses pemasukan input ke dalam sistem CAT BKN yang akan digunakan dalam pelaksanaan seleksi nantinya,” katanya, Selasa (20/4/2021).

Tjahjo memastikan bahwa soal yang telah diterima Panselnas akan dijamin keamananya dan kerahasiaannya. Di mana hal ini sudah dijamin dalam proses seleksi tahun-tahun sebelumnya.

“Pada proses ini diperlukan kehati-hatian dan jaminan kerahasiaan dan keamanan data-datanya. Dan kami yakin ini sudah sejak tahun-tahun kemarin masalah kerahasiaan dan keamanan data ini menjadi kata kunci dan jaminan kita bersama,” ungkapnya.

"Naskah soal diserahkan dalam bentuk dokumen digital terenkripsi untuk mencegah kebocoran data. Kerahasiaan soal dijamin aman dan bahkan Tim Penyusun Soal pun tidak mengetahui kode enkripsinya," katanya.

Dia pun mengapresiasi seluruh pihak yang bekerja dalam proses seleksi CPNS dan PPPK yang dilaksanakan pada tahun ini. Mulai dari Kemendikbud, BSSN, BPPT, dan BPKP.

“Kita semua berharap agar proses seleksi calon ASN tahun 2021 ini dapat berlangsung secara aman, kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN dan tidak dipungut biaya,” pungkasnya.Okz