Materi Tes yang Bakal Diujikan Pada Tes PKN STAN 2021, Pendaftaran Dibuka

Menteri Keuangan Sri Mulyani menghadiri wisuda Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN di Auditorium Student, Komplek Kampus PKN STAN Bintaro, Tangerang Selatan.
Foto: Hendra Kusuma/Pendaftaran PKN STAN 2021 Dibuka, Ini Materi Tes yang Bakal Diujikan

Pendaftaran PKN STAN 2021 akan dibuka pada hari ini Jumat (9/4/2021) pukul 09.21 WIB secara online melalui laman Badan Kepegawaian Negara (BKN) di sscasn.bkn.go.id. Para calon pendaftar pun harus mengetahui apa saja materi yang bakal diuji dalam tes.

Plt Direktur PKN STAN Bambang Juli Istanto, mengatakan bahwa ada beberapa tes yang akan dijalani calon peserta, seperti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Hanya saja, tes tersebut dilaksanakan oleh BKN sehingga pihak PKN STAN tinggal menerima peserta yang dinyatakan lolos saja.

"Kita juga nggak tahu (soal-soal yang akan diujikan), tapikan gini anak-anak sudah tahu lah, bagaimana menyiapkan diri untuk mengikuti seleksi, kan kita nggak bikin soal," ungkap dia kepada detikEdu, Kamis (8/4/2021) malam.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan tahap pertama ujian SBMB PKN STAN adalah seleksi administrasi yang akan menggunakan nilai UTBK untuk menggantikan ujian TPA dan Bahasa Inggris. Kemudian, tahap selanjutnya adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dilaksanakan oleh BKN.

Dalam SKD tersebut, kata Bambang, materi yang akan diujikan adalah tes karakter pribadi, wawasan kebangsaan, dan intelegensi umum.

"Jadi kita tarik data nilai dari LTMPT (nilai TPS) secepatnya, jadi setelah pengumuman UTBK bisa segera umumkan siapa yang lolos ke tahapan berikutnya (SKD)," kata pria yang lahir pada Juli 1971 ini.

Selain itu, kata Bambang, direncanakan ada tes kesehatan dan kebugaran serta tes psikologi sebagai syarat masuk PKN STAN 2021. Kedua tes tersebut dilakukan guna memastikan calon mahasiswa sekaligus calon abdi negara memiliki kesehatan baik fisik maupun mental.

"Fisik ada, jadi hampir sama, kita juga harus memastikan yang jadi mahasiswa dan calon CPNS itu sehat, jadi ada tesnya. Psikotes itu tahapan setelah SKD, ini kondisi psikologi calon mahasiswa kan kita harus tahu," terang dia.

Tahapan selanjutnya pada ujian seleksi pendaftaran PKN STAN 2021 adalah wawancara. Pada tahapan ini peserta akan ditentukan apakah bisa lolos atau tidak untukmendapatkan ikatan dinas PKN STAN karena ini menjadi cara mendapatkan mahasiswa yang tak hanya lebih pada intelektual, tetapi juga sehat serta berkarakter.

"Rencana, terakhir ada tes wawancara. Seleksi diharapkan untuk mendapatkan calon mahasiswa yang tidak hanya pintar, tapi juga sehat dan berkarakter.," tutup dia.
(pay/erd) Detik