Kota Palembang Usulkan 500 Formasi Guru PPPK 2021

Kabar gembira bagi para guru, Pemerintah Kota Palembang akan membuka penerimaan bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021.

Siap-siap Usai Lebaran, Pemkot Palembang Buka Penerimaan P3K, Usulkan 500 Formasi Guru 
Walikota Palembang, H Harnojoyo memimpin langsung peresmian 907 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 108 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Pemerintah Kota Palembang, Rabu (3/2/2021).   

Kabar gembira bagi para guru, Pemerintah Kota Palembang akan membuka penerimaan bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021. 

Rencananya penerimaan P3K tersebut akan dimulai usai lebaran atau sekira bulan Juni 2021. 

Ini dibenarkan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang, Reza Fahlevi, Rabu (14/4/2021)

"Kemungkinan setelah lebaran nanti kita akan buka penerimaan PPPK. Tahun ini prioritas penerimaan untuk formasinya adalah Guru SD dan SMP dengan jumlah usulan dari Pemkot Palembang sebanyak 500 orang," katanya. 

Namun, jumlah itu baru usulan saja terkait berapa banyak yang disetujui kuota untuk penerimaannya tergantung dari Pemerintah Pusat. Mengingat ini juga ada kaitannya dengan masalah penggajian bagi PPPK. 

"Berapa yang diputuskan kita belum tahu, karena masalah kemampuan anggaran negara juga ini," katanya. 

Lebih lanjut, Reza belum mendapatkan juknis dari Pemerintah Pusat terkait penerimaan PPPK ini. Tetapi, sesuai arahan dari Pemerintah prioritas formasi ditujukan untuk para pelamar yang berasal dari keguruan. 

"Regulasinya kita masih menunggu apakah berlaku juga untuk para guru K2. Tahun ini khusus diperuntukkan guru dengan lulusan pendidikan minimal S1.  Berbeda dengan penerimaan PPPK tahun lalu yang dikhususkan bagi ex K2," katanya. 

Untuk itu, Reza mengimbau agar masyarakat yang ingin mengikuti seleksi PPPK mempersiapkan diri sejak dini. 

"Rajin belajar dan tingkatkan kemampuan, karena pelaksanaan tes PPPK ini sistemnya menggunakan Computer Assisted Test (CAT) sama seperti seleksi CPNS sebelumnya," tuturnya. (Yak)

palembang.tribunnews