Kementerian Investasi Terbentuk, Bakal Ada Seleksi CPNS Lagi?

https: img.okezone.com content 2021 04 29 320 2402843 kementerian-investasi-terbentuk-bakal-ada-seleksi-cpns-lagi-xy9seYmqVv.png 
Pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju. (Foto: OkezoneSetpres)  

Bahlil Lahadalia dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Investasi. Dengan pelantikan ini secara resmi Kementerian Investasi terbentuk.

Kementerian Investasi merupakan kementerian baru yang dibentuk Presiden Joko Widodo. Hal tersebut menyusul keputusan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang menyepakati pembentukan dua kementerian baru yang diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lantas dari mana pegawai di Kementerian Investasi? Apakah akan ada rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)?

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono mengatakan, kebutuhan pegawai di Kementerian Investasi akan diambil dari pos-pos Kementerian dan Lembaga lain. Khususnya pada Kementerian dan Lembaga yang kelebihan jumlah pegawai.

Karena mutasi antar instansi sangat dimungkinkan apalagi jika ada yang membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) atau pegawai. Namun tetap tenaga yang akan dimutasi harus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.

“Pada dasarnya mutasi antar instansi dimungkinkan, jika ada organisasi atau instansi baru membutuhkan SDM, akan ditawarkan ke instansi lain untuk mengisi pos-pos yang ada,” ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (29/4/2021).

Namun, jika kebutuhan pegawai masih belum juga terpenuhi, maka bisa dilakukan dengan cara rekruitmen. Misalnya dengan membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ataupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

“Jika dirasa masih kurang maka bisa dipenuhi dengan mengajukan formasi ASN,” ucapnya.

Namun, proses rekrutmen ini tidak bisa dilakukan pada tahun ini melainkan di periode berikutnya. Sebab proses pengajuan formasi untuk CPNS maupun PPPK harus dilakukan sejak tahun-tahun sebelumnya.

“Iya karena proses pengajuan formasi kan tidak bisa buru-buru tapi dari tahun sebelumnya,” ucapnya.Okz