Kabupaten Pasuruan Ajukan Formasi 540 CPNS dan 2 Ribu PPPK

Ilustrasi
Pemkab Pasuruan mengajukan formasi lowongan pegawai besar-besar ke pemerintah pusat. Yaitu, 540 CPNS dan 2 ribu pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Tunggu persetujuan pusat.

Kepala Bidang Pengadaan Badan Kepegawaian, Pelatihan, Pendidikan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pasuruan Agus Harianto menjelaskan, pada 2021 ini, ada sekitar 540 aparatur sipil negara (ASN) yang pensiun. Mereka masuk purnatugas tidak bareng. Yang terbanyak adalah pendidik atau guru. Selain guru, ada pula pegawai fungsional dan staf. Pemkab akan mencari penggantinya.

”Pensiunnya itu mulai Januari hingga Desember. Jadi, tidak pada satu bulan langsung barengan,” katanya.

Agus menjelaskan, tahun ini BKPPD mengajukan 540 formasi CPNS. Jumlah itu juga meliputi guru. Namun, belum tentu semua permintaan disetujui. Belum diketahui pastinya berapa. Apalagi, saat ini pengajuan guru tidak termasuk dalam usul formasi CPNS, melainkan PPPK.

Untuk PPPK, Kabupaten Pasuruan mengajukan 2 ribu lebih. Itu juga belum diketahui berapa yang akan diterima nanti. ”Semuanya kami serahkan kepada pusat yang menjatah formasinya,” terangnya.

BKPPD saat ini menunggu persetujuan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Sejauh ini belum ada informasi tentang hasilnya. Termasuk, kapan rekrutmen dimulai juga belum. ”Tapi kami telah mengajukan formasinya,” ungkap Agus. (sid/far)Radar Bromo