Cara Mendaftar Sekolah Kedinasan 2021

Pengukuhan Praja IPDN Dipenuhi Isak Tangis

Pemerintah kembali membuka penerimaan pelajar sekolah kedinasan (Dikdin) 2021. Pelaksanaan penerimaan sekolah kedinasan akan dimulai pada bulan ini bersamaan dengan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), untuk pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Melansir laman BKN, pendaftaran seleksi sekolah kedinasan diperkirakan akan dimulai April 2021. Sebelum melakukan pendaftaran, terdapat sejumlah dokumen yang perlu disiapkan, yakni:

1. Pas foto berlatar merah

2. KTP (bagi yang belum mempunyai bisa diganti dengan keterangan dari Dukcapil)

3. Kartu Keluarga

3. Ijazah/Surat Keterangan Lulus

4. Dokumen lain sesuai ketentuan instansi yang akan dilamar

Cara Melamar

Adapun terdapat beberapa tahapan pendaftaran yang harus dilakukan pelamar. Pertama pelamar bisa akses portal sscasn.bkn.go.id, kemudian pilih menu Dikdin. Selanjutnya pilih menu registrasi atau daftar. Klik menu registrasi di pojok kanan atas

Lengkapi formulir pendaftaran akun SSCASN Dikdin, dengan mengisikan NIK, Nomor Kartu Keluarga, nama lengkap, tanggal lahir, kabupaten/kota, kode captcha. Pastikan seluruh data yang diisikan sesuai KTP, lalu klik Lanjutkan.

Selanjutnya lengkapi data diri, seperti alamat, email, password, pertanyaan pengaman, dan jangan lupa unggah foto. Foto yang digunakan dalam pendaftaran berlatar belakang merah.


Cek seluruh data yang telah dimasukkan, masukkan kembali kode captcha, dan klik Lanjutkan. Selanjutnya pilih tombol kembali jika ada data yang salah. Namun, saat semua data sudah benar, klik Proses Pendaftaran Akun jika semuanya telah benar.

Setelah itu, cetak Kartu Informasi Akun, dan kembali ke portal SSCASN DIKDIN, kemudian login menggunakan NIK dan password yang telah dibuat.

Kemudian unggah swafoto dengan KTP dan Kartu Informasi Akun yang telah dicetak. Klik Selanjutnya.

Pilih sekolah dan jenis formasi. Jangan lupa melengkapi data yang diperlukan, seperti NISN, NPSN, dan nomor ijazah. Klik Selanjutnya.

Masukkan nilai rata-rata ijazah di kolom yang tersedia. Setelah itu, akan masuk ke formulir pengisian biodata. Pastikan data yang diisikan benar. Klik Selanjutnya.

Langkah selanjutnya unggah dokumen-dokumen yang diperlukan, dan pastikan tidak ada yang terlewat. Klik Selanjutnya. Maka muncul Resume Pendaftaran, check list seluruhnya dengan sudah memastikan data yang tertera telah benar.

Jika sudah yakin, pilih Iya. Selanjutnya cetak Kartu Pendafaftaran Sekolah Kedinasan. Kartu ini harus dibawa saat melakukan ujian.

Adapun untuk informasi detail mengenai sekolah kedinasan dan jurusan, dapat dilihat di halaman resmi masing-masing sekolah kedinasan.

[bim]