Apakah Diperbolehkan Daftar Sekolah Kedinasan dan Ikut Tes CPNS/PPPK?

CPNS 2021 
screenshoot CPNS 2021  

Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun ini memberikan peluang bagi masyarakat lulusan SMA/sederajat untuk menjadi ASN melalui jalur Sekolah Kedinasan serta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Calon pelamar pun bertanya-tanya apakah diperbolehkan mengikuti sekolah kedinasan dan CPNS/PPPK sekaligus?

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko mengatakan, pada dasarnya lulusan SMA/sederajat dapat mendaftar kedua skema tersebut. Namun, ada hal yang harus diperhatikan oleh calon pelamar.

"Sekolah Kedinasan membutuhkan lulusan sekolah dengan ijazah SMA/sederajat. Sedangkan untuk CPNS dan PPPK, memang terdapat formasi untuk lulusan SMA, namun sangat terbatas," katanya melalui keterangan tertulis, Jumat (16/4/2021).

Untuk itu Teguh mengingatkan, agar calon pelamar yakin dengan pilihan yang akan diambilnya. Selain karena formasi yang terbatas, hal ini juga dikarenakan pelamar hanya dapat memilih satu Sekolah Kedinasan dan juga satu formasi pada seleksi CPNS maupun PPPK.

"Jika ingin mendaftar sekolah kedinasan, lebih baik fokus terhadap proses seleksi sekolah kedinasan. Demikian juga sebaliknya. Percaya dengan pilihan yang diambil, diikuti dengan ikhtiar, doa, dan usaha yang cukup. Insya Allah hasil yang terbaik," ujarnya.

Sebagai informasi, pendaftaran untuk Sekolah Kedinasan telah dibuka sejak 9 April dan akan berahir pada 30 April 2021.

Terdapat delapan instansi pemerintah yang membuka Sekolah Kedinasan tersebut. Sementara, pelaksanaan pendaftaran CPNS dan PPPK baru akan dimulai pada Mei tahun ini.

Total kebutuhan CPNS dan PPPK sebanyak 1.275.387, dengan instansi di pemerintah pusat sebanyak 83.669 dan instansi di pemerintah daerah sebanyak 1.191.718 (Guru PPPK sebanyak 1.002.616, PPPK non-guru sebanyak 70.008, dan CPNS sebanyak 119.094). Sedangkan total kebutuhan Sekolah Kedinasan berkisar 8.500 orang. Kompas