7 Situs Belajar CPNS Online! Belajar Soal CPNS Online

Pelamar CPNS yang lolos akan menghadapi ujian tes kemampuan dasar (TKD). Berbagai persiapan dilakukan, salah satunya berburu buku panduan.
7 Situs Belajar CPNS Online! Belajar Soal CPNS Online (Ilustrasi Foto: Rifkianto Nugroho)

Sebelum mengikuti tes CPNS 2021 ada baiknya calon peserta mempersiapkan diri sebaik mungkin. Salah satunya dengan berlatih mengerjakan soal-soal baik secara online maupun melalui buku.

Soal-soal test CPNS online dapat diakses secara online baik melalui website maupun aplikasi. Soal-soal CPNS online juga disediakan oleh situs resmi seperti Badan Kepegawaian Negara (BKN). BKN menyediakan kumpulan soal yang digunakan untuk ujian Computer Assisted Test (CAT) yaitu sistem yang dipakai dalam seleksi CPNS.

Soal-soal dalam CPNS online sangat beragam. Dimulai dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Ketiga kelompok soal tersebut masuk ke dalam bagian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang diterapkan dalam ujian penerimaan CPNS.

Berikut adalah situs-situs belajar CPNS online yang dirangkum :

1. CAT BKN

Para calon peserta test CPNS dapat belajar SKD berbasis CAT melalui laman resmi milik BKN yang digunakan untuk simulasi ujian. Nama laman tersebut adalah cat.bkn.go.id.

Laman CAT BKN memiliki ragam variasi untuk soal tes SKD, dalam tiap kategori yaitu TWK, TIU, dan TKP. Soal-sola latihan tersebut diberikan secara Cuma-Cuma dengan cara mendaftarakan akun terlebih dahulu. Panduan cara latihan soal CPNS di situs CAT BKN dapat dilihat di https://cat.bkn.go.id/.

2. Ayocpns

Ayocpns adalah situs belajar CPNS online https://www.detik.com/tag/cpns , tidak hanya online lembaga ini juga menyediakan program tatap muka. Kedua paket ini akan diajari oleh mentor yang sudah berpengalaman dan lulus dalam SKD dan lulus seleksi CPNS.

Selain kedua paket tersebut, ada evaluasi secara detail yang berupa grafik untuk mengukur perkembangan kemampuan calon peserta tes CPNS 2021. Materinya dapat dipilih sesuai dengan waktu dan tempat yang diinginkan oleh calon peserta CPNS 2021. 

3. Indonesia College

Indonesia College merupakan salah satu lembaga bimbingan belajar online tertua di Indonesia. Mereka sudah berdiri sejak tahun 1993 dan berani memberikan garansi Jaminan Lulus Tes.

Kelebihan lembaga ini adalah tryoutnya yang dibimbing oleh pengajar professional yang sudah menempuh pendidikan S1 maupun S2. Indonesia College memiliki dua tipe kelas yaitu exclusive dan small class. 

4. CPNS Online

CPNSonline.id adalah lembaga bimbingan belajar dari Escpaper English yang berbasis E-Learning. Lembaga ini memiliki sifat web based yang berarti dapat dikerjakan secara online darimanapun dengan syarat ada jaringan internet. Dapat dibuka melalui web browser hp ataupun computer.

Lembaga ini memiliki kelebihan yaitu ada video tips dan trick untuk mengerjakan soal-soal SKD. Selain itu juga terdapat webinar dan focus group discussion untuk melakukan latihan soal secara kolektif.

5. Bimble CPNS

Bimble CPNS memiliki kesamaan seperti situs-situs CPNS online lainnya. bimblecpns memiliki 3 paket pembelajaran. Paket tersebut adalah paket regular, paket eksekutif, dan e-learning.

6. Aptaschool

Aptaschool adalah layanan mentoring CPNS online melalui telegram. Pengguna aplikasi telegram Aptaschool dapat mengirimkan video ataupun soal file pdf atau file format lain yang siap untuk dicetak.

Video pembelajaran dibagi dalam beberapa sub bab. Hal ini bermanfaat untuk CPNS dalam memahami pelajaran yang disajikan dalam tiap bab secara garis besar hingga detail. 

7. Suksescpns

Sukses CPNS adalah sistu yang menyediakan berbagai macam keunggulan. Salah satunya pembelajaran secara karantina. Karantina bertujuan untuk pembelajaran intensif yang dilakukan bersamaan dengan calon peserta tes CPNS 2021.

Situs ini juga menyediakan pembelajaran dengan simulasi secara realistis untuk mengerjakan tes CPNS berbasis soal-soal berbasis SKD dan sistem CAT.

Penjelasan diatas adalah situs-situs belajar soal CPNS online . Mari manfaat situs-situs tersebut dengan baik dan semoga berhasil.


(erd/erd) Detik