6 Fakta Seleksi CPNS 2021, Siap-Siap Daftar untuk Lulusan SMA

https: img.okezone.com content 2021 04 04 320 2389082 6-fakta-seleksi-cpns-2021-yuk-siap-siap-daftar-untuk-lulusan-sma-7KInNvR3gZ.jpg 
CPNS 2021 (Foto: PANRB) 

Penerimaan seleksi CPNS kembali dibuka pada tahun 2021 ini. Dibukanya seleksi untuk para calon abdi negara tersebut demi memenuhi kebutuhan pegawai di pemerintah daerah maupun pusat.

Terkait hal itu, Berikut rangkuman beberapa fakta menarik soal penerimaan CPNS 2021 untuk diulas, Senin (5/4/2021).

1. Pendaftaran CPNS Dibuka Mei

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPANRB Teguh Widjinarko, pelaksanaan akan dilakukan sesuai jadwal.

"Bulan April akan dibuka pendaftaran untuk sekolah kedinasan. Sementara untuk CPNS umum dan PPPK akan mulai dibuka bulan Mei hingga Juni mendatang. CPNS dan PPPK di seluruh instansi pusat dan daerah akan mulai dibuka bulan Mei – Juni,” ujarnya.

2. Pemerintah Buka Lowongan 1,3 Juta Formasi

Jumlah kebutuhan untuk guru PPPK sebanyak 1 juta formasi, untuk pemerintah pusat sebesar 83.000 formasi, dan pemerintah daerah sebesar 189.000 formasi.

3. Seleksi CPNS 2021 Dibuka untuk Lulusan SMA

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo menyebutkan bahwa ada lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi lulusan SMA. Salah satunya adalah sipir penjara.

Tjahjo Kumolo menilai bahwa lowongan untuk kualifikasi pendidikan SMA memang spesifik.

“Untuk SMA itu spesifik. Misal untuk sipir penjaga tahanan atau penjaga rutan. Itu tidak perlu keahlian yang khusus,” katanya dikutip dari video yang dibagikannya beberapa waktu lalu.

4. Pemda Butuh 189.000 Pegawai

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, pada tahun ini, pemerintah membutuhkan banyak sekalai ASN untuk mengisi posisi di Pemerintah Daerah (Pemda). Tercatat ada sekitar 189.000 kebutuhan pegawai untuk pemerintah daerah.

Dari jumlah tersebut nantinya akan diisi lewat dua proses rekrutmen yakni CPNS dan PPPK. Adapun rinciannya adalah 119.000 akan dipenuhi lewat seleksi CPNS dan PPPK 70.000.

“189.000 formasi untuk pemerintah daerah yang juga dialokasikan untuk CPNS dan PPPK non-guru,” ujarnya dalam keterangannya, Jumat (26/3/2021).

5. Ini Formasi CPNS Paling Banyak Dicari oleh Pemda

Ada beberapa jabatan yang akan dibuka untuk mengisi posisi ASN di daerah. Namun, alokasi terbanyak bagi pemerintah provinsi terdiri dari jabatan guru, yakni guru bimbingan konseling, guru teknologi informasi dan komputer, serta guru matematika, jabatan tenaga kesehatan, yakni perawat, dokter, dan asisten apoteker.

Sedangkan untuk jabatan teknis antara lain pranata komputer, polisi kehutanan, dan pengawas benih tanaman.

Bagi pemerintah kabupaten dan kota, alokasi terbanyak juga terdiri dari jabatan guru, jabatan tenaga kesehatan, dan jabatan teknis. Jabatan guru antara lain guru kelas, guru pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan, serta guru bimbingan konseling. Jabatan tenaga kesehatan yang paling banyak dibutuhkan adalah perawat, bidan, dan dokter.

Sedangkan, bagi jabatan teknis antara lain penyuluh pertanian, auditor, dan pengelola pengadaan barang atau jasa.

6. CPNS 2021, Pemerintah Pusat Butuh Dosen hingga Penyuluh KB

Pemerintah pusat, kebutuhan pegawai mencapai 83.000 orang. Oleh sebab itu, nantinya kebutuhan pegawai tersebut akan diisi oleh CPNS maupun PPPK.

Ada beberapa formasi alokasi terbanyak yang dibutuhkan pemerintah pusat. Seperti misalnya adalah untuk mengisi jabatan dosen hingga penjaga tahanan.

Tak hanya itu, pemerintah pusat juga membutuhkan tenaga untuk penyuluh keluarga berencana. Kemudian pemerintah pusat juga membutuhkan analis perkara peradilan dan pemeriksa.

Formasi dengan alokasi terbanyak dalam Seleksi CASN Tahun 2021 untuk pemerintah pusat terdiri dari jabatan dosen, penjaga tahanan, penyuluh keluarga berencana, analis perkara peradilan, serta pemeriksa.Okz