16.300 Guru Honor di Aceh Ikut Bimtek dan Try Out PPPK PGRI

APKS) Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia menyelenggarakan bimbingan teknis (bintek) dan try out PPPK PGRI bagi 16.300 guru honor

16.300 Guru Honor di Aceh Ikut Bimtek dan Try Out PPPK PGRIAsosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia menyelenggarakan bimbingan teknis (bintek) dan try out PPPK PGRI bagi 16.300 guru honor di Aceh melalui live streaming di Youtube PB PGRI, Selasa (20/4/2021).  

Turut hadir pula secara virtual Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Perwakilan Menteri PAN R/B, Sekjen GTK Kemendikbud dan Para Ketua PGRI Tingkat Provinsi, Kota/Kabupaten se-Indonesia  Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia menyelenggarakan bimbingan teknis (bintek) dan try out PPPK PGRI yang diikuti 16.300 guru honor di Aceh melalui live streaming di Youtube PB PGRI, Selasa (20/4/2021).

Acara ini dalam rangka menyambut seleksi ASN-PPPK bagi para guru honorer.

Kegiatan launching bimtek dan try out seleksi PPPK yang bertemakan “Berkhidmat untuk Guru, Belajar Sepanjang Hayat” tersebut dibuka langsung oleh Ketua Umum PB PGRI, Prof Dr Unifah Rosyidi M.Pd.

Turut hadir pula secara virtual Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Perwakilan Menteri PAN R/B, Sekjen GTK Kemendikbud dan Para Ketua PGRI Tingkat Provinsi, Kota/Kabupaten se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Prof Unifah Rosyidi menyampaikan bahwa PGRI dalam perjalanannya senantiasa memposisikan diri sebagai mitra kritis dan mitra konstruktif, kritis terhadap berbagai kebijakan-kebijakan serta bersikap konstruktif terhadap berbagai permasalahan yang terkait dengan guru.

“Salah satu bentuk konstruktif PGRI adalah memberikan pelayanan dan kepedulian terhadap para guru yang masih berstatus honorer.

Salah satunya yaitu memberikan bimbingan teknis dan try out guna sebagai persiapan mengikuti seleksi PPPK (Pegawai Pemerintah dalam Perjanjian Kerja) 2021,” ujarnya.

Prof Unifah Rosyidi ikut menyuarakan aspirasi para guru honorer kepada pemerintah agar dalam penetapan kelulusan Guru ASN PPPK nantinya diiringi pula berbagai pertimbangan-pertimbangan.

Baik mengenai kriteria kelulusan, para guru honorer yang mengajar di daerah 3T, usia di atas 35 tahun serta pertimbangan kemanusiaan lainnya.

Pelaksanaan bimtek dan try out PPPK ini akan berlangsung mulai dari bulan April hingga Mei 2021 secara sinkronus maupun asinkronus melalui model e-learning APKS PB PGRI.

Adapun para peserta yang mengikuti kegiatan bimtek ini adalah para guru honerer di semua jenjang mulai dari TK hingga SMA se-Indonesia.

Ketua Panitia, Dudung Abdul Qadir menyampaikan bahwa hingga saat ini peserta yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan bimtek dan try-out PPPK sebanyak lebih kurang 111.000 peserta.

Jumlah ini terdiri dari pendaftar kolektif berjumlah 43.000 orang dan pendaftar mandiri 68.000 orang.

Ketua PGRI Aceh, Al Munzir, mengatakan berdasarkan data sebanyak 16.300 guru honor di Aceh ikut bimtek dan try out PPPK PGRI dalam berbagai jenjang satuan pendidikan.

Guru honorer aceh sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini.

"Kami berharap nanti banyak guru honorer Aceh yang bisa mengikuti acara ini sampai tuntas," harapnya.

Pada kesempatan yang sama Al Munzir menyampaikan ini merupakan kontribusi nyata PGRI Aceh dalam membantu pengembangan SDM dan memperjuangkan guru honorer di Aceh.

"Terima kasih kepada Tim Media Center PGRI Aceh yang telah membantu mengkoordinir guru-guru honorer untuk ikut Bimtek dan try out PPPK ini," ujar Al Munzir.(*)Aceh Tribun