Wapres Ma'ruf Amin Ingin Akuisisi 1,3 Juta CPNS 2021 Terbaik


Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin membuka Rapat Koordinasi Penyederhanaan Birokrasi dan Pengadaan Calon ASN Tahun 2021 secara virtual, Kamis 4 Maret 2021.

Pada kesempatan itu, Ma'ruf Amin mengatakan, pemerintah harus terus melakukan penerapan manajemen talenta yang menempatkan aparatur sipil negara (ASN) atau PNS sebagai aset yang sangat berharga. Sehingga ia ingin agar perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dapat menjamin perbaikan kualitas dan integritas.

"Untuk itu istilah rekrutmen ASN seringkali disebut dengan akuisisi. Karena kita ingin mengakuisisi talenta-talenta terbaik bangsa yang nantinya menjadi aset yang paling berharga," kata Ma'ruf Amin, Kamis (4/3/2021).

Sejalan dengan upaya tersebut, ia menambahkan, pemerintah pada 2021 ini akan mulai melakukan akuisisi CPNS yang secara total berjumlah 1,3 juta orang melalui dua kebijakan penting.

Pertama, pemerintah akan merekrut 1 juta guru melalui skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang disebutnya jadi jalan bagi penyelesaian kekurangan formasi guru di seluruh daerah di Indonesia.

"Kedua, kita juga akan merekrut 300 ribu ASN lainnya, baik melalui skema CPNS maupun PPPK, melalui jalur reguler yang setiap tahun dibuka," sambung Ma'ruf Amin.

Menurut dia, pembukaan formasi CPNS 2021 dilakukan melalui pendekatan kebutuhan instansi, yakni dengan mempertimbangkan alokasi SDM sesuai dengan keahlian yang diperlukan dalam rangka mewujudkan target pembangunan nasional maupun daerah.

"Di samping itu CPNS 2021 dan ASN baru juga untuk memenuhi kebutuhan menggantikan ASN yang sudah pensiun," pungkas Wapres.

Liputan6