Wapres Kasih Bocoran Formasi untuk CPNS 2021

https: img.okezone.com content 2021 03 04 320 2372404 wapres-kasih-bocoran-formasi-untuk-cpns-2021-si0JevhtyB.jpeg Persiapan Seleksi CPNS 2021. (Foto: Okezone/

Kemenpan RB) Pemerintah akan membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini. Lowongan dibuka untuk memenuhi kebutuhan pegawai pemerintahan baik di daerah maupun pusat.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, dalam melakukan rekrutmen pegawai akan ada dua kebijakan yang dilakukan. Pertama, dengan merekrut sekitar 1 juta guru lewat Perjanjian Kerja (PPPK).

"Kita akan merekrut satu juta guru melalui skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang menjadi jalan bagi penyelesaian kekurangan guru di seluruh daerah di Indonesia," ujarnya dalam acara Rakor Penyederhanaan Birokrasi dan Pengadaan CASN 2021, Kamis (4/3/2021).

Kemudian yang kedua adalah pemerintah akan merekrut 300.000 sisanya lewat skema CPNS maupun PPPK. Dimana sistem rekrutmen ini sudah dilakukan secara rutin setiap tahun untuk mengisi kebutuhan pegawai.

"Kedua, kita juga akan merekrut 300.000 ASN lainnya, baik melalui skema ASN maupun PPPK, melalui jalur reguler yang setiap tahun dibuka," jelas Wapres.

Wapres menambahkan, pembukaan formasi ini dilakukan melalui pendekatan kebutuhan instansi. Selain itu, pembukaan seleksi ini juga dilakukan dengan mempertimbangkan alokasi SDM sesuai dengan keahlian yang diperlukan dalam rangka mewujudkan target pembangunan nasional maupun daerah.

"Di samping itu juga untuk memenuhi kebutuhan menggantikan ASN yang sudah pensiun," jelasnya.

(fbn)