Trik Jitu Menjawab Soal CPNS 2021

Berikut ini beberapa trik jitu yang bisa Anda lakukan sebelum mengikuti ujian CPNS 2021 seperti yang dikutip pada buku Bank Soal Ujian CPNS

CPNS 2021 - Ini Trik Jitu Menjawab Soal CPNS 2021Prediksi formasi jabatan CPNS 2021 untuk lulusan SMA. 
CPNS 2021 segera dibuka untuk tahun ini.

Kabarnya, pendaftaran CPNS 2021 akan dibuka pada dalam waktu dekat.

Setiap pelaksanaan CPNS pasti memiliki perbedaan aturan.

Untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian tes CPNS 2021, ada baiknya Anda mempersiapkan diri sebelum menjawab soal-soal di ruang ujian.

Berikut ini beberapa trik jitu yang bisa Anda lakukan sebelum mengikuti ujian CPNS 2021 seperti yang dikutip pada buku Bank Soal Ujian CPNS yang disusun oleh Tim Puspa Swara (2006).

Karena persaingan memperebutkan posisi PNS saat ini sangat ketat, Anda perlu menguasal trik-trik jitu mengerjakan bentuk-bentuk soal CPNS.

Berikut ini trik-trik tiap jenis soal ujian CPNS. Khusus untuk tes skolastik, trik-triknya berada di bagian soal.

Trik Jitu 

1. Untuk mengerjakan soal bahasa Indonesia, ingat selalu penggunaan huruf kapital, penulisan penyingkatan gelar, huruf miring, tanda baca titik (.), koma (,), titik koma (;), titik dua (:), tanda hubung (-), dan tanda tangan (?).

Selain itu, Anda perlu tahu kata dasar dan imbuhannya serta kata baku dan serapan.

2. Untuk mengerjakan soal bahasa Inggris, selalu ingat pola-pola dasar tenses, baik untuk present, past, maupun future. Kuasai vocabulary (kosa kata) serta kalimat pasif dan aktif.

3. Gunakan logika untuk menyelesaikan soal-soal logika kuantitatif (penalaran).

Gunakan analisis masuk akal atau tidak untuk menyelesaikan setiap pertanyaan dari soal tipe ini.

Anda pun dapat membuat sketsa sederhana untuk memudahkan pemahaman.

4. Kerjakan soal-soal aritmatika, logika bilangan, dan logika kuantitatif dari yang mudah dahulu. Jangan berkutat lama-lama dengan soal yang tingkatannya sulit.

5. Untuk soal-soal pengetahuan umum, seperti Sejarah, Pancasila dan UUD 1945, Tata Negara, dan Kebijakan Pemerintah, perbanyak latihan soal dan membaca buku yang berkaitan dengan hal tersebut.

Untuk soal yang berkaitan dengan pengetahuan umum, selalu ikuti berita terkini. (Aceh Tribun/Syamsul Azman)