Tips Persiapan Menghadapi Tes CPNS, Sebelum Ujian Hingga Saat Ujian

Tips persiapan menghadapi tes CPNS seperti dikutip pada buku Top No 1 Panduan Resmi CPNS-ASN 2019-2020 yang disusun oleh Tim Smart Genesis

CPNS 2021 - Tips Persiapan Menghadapi Tes CPNS, Sebelum Ujian Hingga Saat Ujian

Calon pegawai negeri sipil mengenakan masker dan tameng wajah sebagai langkah berjaga-jaga terhadap penyebaran virus Corona COVID-19 sebelum mengikuti tes di Surabaya, Selasa (22/9/2020).  Tips persiapan menghadapi tes CPNS seperti dikutip pada buku Top No 1 Panduan Resmi CPNS-ASN 2019-2020 yang disusun oleh Tim Smart Genesis Jadwal pendaftaran serta seleksi CPNS dan PPPK nantinya akan dibuka mulai Mei hingga Juni 2021, mendatang.

Sedangkan pelaksanaan seleksi dimulai bulan Juli hingga Oktober 2021.

Pendaftaran CPNS bisa dilakukan secara online melalui Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (SSCN).

Berikut ini tips persiapan menghadapi tes CPNS seperti dikutip pada buku Top No 1 Panduan Resmi CPNS-ASN 2019-2020 yang disusun oleh Tim Smart Genesis dan diterbitkan oleh Genesis Learning.

1. Persiapan sebelum ujian

a. Jujur

Jujur menyiapkan seluruh informasi dan dokumen persyaratan. Jangan pernah terbesit sedikit pun untuk manipulasi atau memalsukan dokumen

b. Lengkap

Lengkapi dan penuhi seluruh dokumen persyaratan. Susun rapi dan jelas sesuai urutan. Jangan buat tim verifikator malas membuka apalagi membaca hanya karena dokumen berantakan.

c. Tepat

Pastikan formasi yang Anda pilih sudah sesuai dengan kualifikasi dan persyaratan yang Anda miliki

d. Cermat

Isi setiap komponen informasi secara cermat. Jangan anggap enteng, meskipun pada hal-hal yang dianggap sepele atau remeh.

e. Ulet

Belajar tekun menyiapkan diri dengan segala kondisi soal dan ujian yang menghadang disertai doa yang khusus dan terus menerus.

2. Persiapan menghadapi ujian

a Kartu Peserta Ujian dan KTP

Membawa Kartu Peserta Ujian Kartu ujian dicetak berwarna secara online melalui website http://sscn.bkn. go.id, meski ujian telah selesai usahakan kartu ini jangan sampai hilang, kartu akan berguna jika peserta lolos ke tahap SKB.

Membawa KTP Asli

Membawa e-KTP asli/Surat Keterangan telah melakukan perekaman kependudukan. Bagi yang tidak memiliki e-KTP asli karena hilang wajib menunjukkan Kartu Keluarga (KK) asli yang mencantumkan NIK sesuai yang terdaftar di SSCN BKN.

Bagi peserta yang NIK pada KTP-nya berbeda dengan NIK pada Kartu Peserta Ujian wajib melampirkan surat keterangan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Kecamatan serta wajib membawa identitas asli lain seperti: SIM, Paspor.

b. Sepatu

Menggunakan sepatu (rapi dan sopan).

c. Waktu dan Tempat SKD

Pastikan tempat dan waktu pelaksanaan SKD dengan memantau situs resmi formasi yang dilamar

d. Dresscode SKD

Menggunakan kemeja putih polos.

Pria: Celana panjang berbahan kain warna gelap polos

Wanita: Rok panjang / di bawah lutut berbahan kain, warna gelap polas, bagi yang berkerudung warna gelap polos.

e. Pita & atribut lainnya

Menggunakan Pita (warna menyesuaikan instansi yang dilamar) di lengan kanan (ditempel dengan peniti).

(Aceh Tribun/Syamsul Azman)