Tahapan Seleksi CPNS & PPPK Diumumkan Akhir Maret 2021

Siap-siap! Tahapan Seleksi CPNS & PPPK Diumumkan Akhir Maret 2021
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews

Pemerintah akan membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun ini. Tujuannya adalah untuk mengisi pegawai pemerintahan di instansi pusat maupun daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, proses seleksi CPNS rencananya akan diumumkan pada akhir Maret 2021 mendatang. Pengumuman nanti berkaitan dengan jumlah formasi yang akan dibuka dan tahapan-tahapan seleksinya. "Pengumuman formasi tahapannya (akhir maret 2021)," ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (5/3/2021).

Menurut Tjahjo, selain CPNS, pada akhir maret juga akan diumumkan mengenai pendaftaran PPPK. Khususnya yang berkaitan dengan pembukaan pendaftaran untuk tenaga pengajar atau guru di daerah. "Akhir maret keputusannya (formasi guru untuk PPPK)," kata Tjahjo.

Sementara itu, Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Teguh Widjinarko mengatakan, pemerintah menetapkan kebutuhan guru dan tenaga pengajar pada tahun ini adalah 1 juta formasi. Namun sayangnya, kebutuhan formasi itu tidak mencapai target karena baru sekitar 500.000 yang mengajukan. "Untuk program 1 juta PPPK, baru masuk sekitar 500.000," ucapnya.
(nng) Giri Hartomo
Sindo